Letak luas dan Keadaan Alam Inggris Raya


Letak luas dan Keadaan Alam Inggris Raya



Letak dan Luas

Secara astronomis, Inggris terletak di antara 50º LU - 60º LU dan 80 BB - 2º BT. Secara geografis terletak di sebelah barat daratan Eropa. Meninjau dari lingkup yang lebih luas lagi letaknya sangat strategis karena berada di jalur transportasi dan perdagangan antara Eropa dan Benua Amerika. Luas Inggris ± 244.820 km². Untuk memperoleh kejelasan mengenai lokasi dan situasi Inggris. Amatilah peta Inggris dan kawasan Eropa secara keseluruhan.

Letak luas dan Keadaan Alam Inggris Raya





Keadaan Alam (Fisiografi)

Bentuk wilayah Inggris merupakan kepulauan. Pulau-pulau utama Inggris yaitu Pulau Britania dan Eire. Pulau-pulau lainnya terletak di sekitarnya dan berukuran kecil, antara lain Kepulauan Orkney, Hebrides Luar, dan Shetland. Wilayah Inggris dipisahkan oleh Selat Dover, Selat Inggris dan Laut Utara dari daratan Eropa. Secara geologi, kepulauan Inggris terletak pada dangkalan Eropa sehingga merupakan pulau kontinental. Lingkungan alam Inggris cukup bervariasi, namun secara umum dapat dibedakan menjadi dua kawasan yaitu dataran rendah (lowland) dan dataran tinggi (highland). 


Secara rinci dapat dijelaskan antara lain sebagai berikut.
a) Dataran Rendah (Lowland)
Dataran rendah di pulau utama Britania, terletak berseberangan dengan dataran rendah Eropa Utara di daratan Eropa. Secara keseluruhan relatif bergelombang, meliputi kawasan dataran rendah Scotish, dataran rendah Inggris Tengah, daerah Yorkshire, dan daerah Anglia Timur. Adapun dataran rendah di Pulau Eire adalah dataran rendah Irlandia Tengah. Pada wilayah dataran-dataran rendah berkembang permukiman padat dan lahan pertanian yang subur.
b) Dataran Tinggi (Highland)
Wilayah dataran tinggi meliputi bagian barat dan utara Inggris yang merupakan golongan batuan tua. Namun terdapat pula di beberapa tempat daerah-daerah subur, seperti pada lembah-lembah dan dataran sempit tepi pantai. Secara keseluruhan, daratan Inggris didominasi oleh pegunungan walaupun tidak memiliki ketinggian yang berarti jika dibandingkan dengan gunung atau pegunungan di daratan Eropa atau lainnya. Pegunungan utama tersebut adalah Penine. Cakupan wilayah dataran tinggi di Inggris meliputi daerah Skotlandia, Wales dan England bagian utara dan Irlandia Utara di Pulau Eire.

Kondisi bentang alam atau topografi yang kurang memiliki perbedaan tinggi berarti (relatif landai) dan jarak relatif dekat dengan wilayah pantai atau laut, menyebabkan aliran sungai-sungai di Inggris memiliki karakteristik pendek-pendek dan arusnya kurang deras. Dengan demikian kurang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai sumber energi atau pembangkit tenaga listrik. Beberapa sungai utama tersebut antara lain Sungai Thames yang mengalir membelah kota utama London, Sungai Dee, Severn, Wye, Trent, Teifi, dan Sungai Towi.

Keadaan Alam Inggris Raya


Wilayah Inggris dapat pula dikelompokkan kedalam tiga bagian yaitu bagian selatan, tengah, dan utara. Inggris bagian selatan batas utaranya adalah Sungai Thames dan lembah Sungai Severn. Di bagian baratnya dibatasi oleh Sungai Exe. Bagian barat tersebut merupakan wilayah hutan yang berbukit dan daerah aliran sungai yang berkelok. Daratan Inggris tengah adalah bagian daratan sejauh Sungai Trent, termasuk jajaran selatan Pegunungan Pennine. Akibat penambangan batu bara di pegunungan ini dan tersedianya air, sejak akhir abad ke-18 daratan tengah menjadi pusat industri Inggris. Di daerah utara, dari laut Irlandia hingga Pulau Man terletak Pegunungan Cumbrian. Pegunungan ini sesungguhnya merupakan kelanjutan Pegunungan Pennine ke arah barat laut. Pegunungan Cumbrian mencakup pula puncak Scaffel Pike dengan ketinggian 978 meter dpl. Di antara pegunungan tersebut terdapat banyak danau, antara lain Danau Derwentwater, Winermere, dan Buttermere.




Letak luas dan Keadaan Alam Inggris Raya

0 Response to "Letak luas dan Keadaan Alam Inggris Raya"

Poskan Komentar