Perekonomian di Amerika Serikat dan Kanada

Perekonomian di Amerika Serikat dan Kanada





Perekonomian unrtuk Pertanian

Bidang pertanian di AS dan Kanada sangat maju karena ditunjangbeberapa faktor, antara lain teknologi pertanian yang canggih,kondisi lingkungan yang sesuai dan masyarakat yang kaya, sertapasar yang luas. Kombinasi ketiga faktor tersebut mengakibatkanproduktivitas yang tinggi. Hasil pertanian utama AS dan Kanadaantara lain gandum, jagung, kapas, tembakau, kedelai, daging, susu,telur, sayuran, dan buah-buahan.

Perekonomian unrtuk Pertanian


Sistem pengelolaan pertanian di Amerika merupakan pertaniandengan skala besar yang bersifat ekstensif. Rata-rata petani mengolahlahan seluas 182 hektare (di AS) dan 186 hektare di Kanada. Lahanpertanian yang luas baik di AS maupun di Kanada dimungkinkanmelalui adanya mekanisasi (mesin-mesin besar). Oleh karenaadanya kemajuan tersebut, jumlah petani atau tenaga kerja dibidangpertanian cenderung menurun. Pada 1930-an, tercatat 25% penduduk,kemudian menjadi 3% pada 1980-an, dan sekarang hanya mencapai2% dari jumlah penduduk. Sementara di Kanada mencapai 5% daripenduduk yang bekerja pada bidang pertanian.

Pertanian di Amerika Utara dilakukan dengan sistem padat modal(intensif modal) dan menyandarkan diri kepada kondisi pasar dunia.Sepertiga produk pertanian Amerika Serikat untuk tujuan ekspor, danduapertiga dari produk ekspornya tersebut adalah komoditi beras.




Perekonomian untukPerindustrian

Tidak kurang dari seperlima tenaga kerja Amerika Serikat danKanada bergerak di bidang manufaktur. Aktivitas manufakturmenyumbang sepertiga dari pendapatan nasional kedua Negaratersebut. Kedua negara ini memiliki ekonomi industri yang beranekaragam dengan teknologinya yang maju. Industri utama (penyeraptenaga kerja terbanyak) di Amerika Serikat adalah peralatan listrik,transportasi, peralatan nonelektrik, bahan makanan dan produkprodukyang berhubungan dengan makanan, serta produk metalolahan.

Industri penting lainnya yaitu mobil, pesawat terbang, pabrikbaja, mesin-mesin, produk kimia, pesawat telekomunikasi. Industriteknologi tinggi seperti roket, satelit, dan pesawat ruang angkasa.Salah satu aktivitas manufaktur di Amerika Utara dapat dilihat padagambar berikut.

Perekonomian untukPerindustrian


Perkembangan terakhir adalah berubahnya basis ekonomi, darimasyarakat industri menjadi masyarakat pasca industri. Perubahantersebut terpusat pada kegiatan teknologi tinggi yang memusatkanperhatian kepada produksi komputer, robot industri elektronik, danproduk-produk terkait yang menggunakan kesempatan melaluipendidikan tinggi dan pelatihan. Akhirnya, Amerika Serikat danKanada mengembangkan industri yang membutuhkan tenagaseminimal mungkin. Berbeda dengan industri tradisional di Negarasedang berkembang yang banyak menghasilkan industri padat karyaseperti industri tekstil, industri sepatu. Model masyarakat pascaindustri ini dicirikan dengan adanya pekerja-pekerja yang memilikitingkat profesionalisme (keahlian) dan teknik yang tinggi. Dampakgeografinya adalah lebih menekankan kepada pengetahuan manusiadibandingkan kepada sumber daya alam dan lokasi.




Sekian mengenai Perekonomian di Amerika Serikat dan Kanada, semoga bermanfaat.

0 Response to "Perekonomian di Amerika Serikat dan Kanada"

Poskan Komentar