Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Brazil


Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Brazil





Letak dan Luas
Secara astronomis Brasil terletak diantara 5°16’ LU - 33° 45’ LS dan antara 46°45’ BB - 74° 03’ BB. Luas wilayahnya mencapai ± 8.511.970 km². Dengan luas tersebut, Brasil merupakan negara terluas di Amerika Selatan dan terluas ke lima di dunia setelah Rusia, Kanada, Cina, dan Amerika Serikat. Untuk mengetahui lebih jauh tentang keadaan atau letak geografis Brasil, amatilah peta berikut.

Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Brazil







Keadaan Alam (Fisiografi)
Wilayah Brasil terbentang dari utara garis khatulistiwa sampai ke wilayah Garis Balik Selatan di selatan dan dari Samudra Atlantik ke barat sampai di kaki pegunungan Andes. Meskipun Brasil memiliki bentangan alam berbukit dan bergunung-gunung, tetapi tidak terdapat pegunungan yang tinggi.

Wilayah fisik atau alam Brasil dapat dibedakan menjadi lima bagian yaitu sebagai berikut.
a. Hutan Tropis yang lebat disebut selva, terdapat di daerah Sungai Amazon (Ledok atau Basin Amazon). Wilayah ini luasnya mencapai setengah dari luas seluruh wilayah Brasil.
b. Dataran Tinggi Brasil, terdiri atas batuan kristalin tua yang banyak mengandung mineral;
c. Dataran Tinggi bagian Selatan (Dataran Tinggi Guyana). Wilayah ini pada bagian pantainya merupakan konsentrasi penduduk dan terdapat kota-kota besar.
d. Dataran rendah yang sangat sempit di sepanjang pantai kawasan samudra Atlantik.
e. Daerah selatan yang merupakan daerah yang sesuai bagi usaha pertanian dan peternakan.

Keadaan Alam (Fisiografi)


Iklim di wilayah Brasil cukup beragam. Sebagian besar wilayah beriklim tropis terutama di daerah Amazon, sedangkan iklim sedang terdapat di daerah selatannya. Masa musim panas berlangsung pada November sampai Maret, sedangkan musim dinginnya berlangsung dari bulai Mei hingga bulan September.



Sebelumnya mengenai Penduduk Brazil mungkin dapat membantu


Sungai Amazon dengan anak sungainya cukup banyak, mengalir melalui dataran tinggi basah hujan dan sebagian besar dataran tinggi tengah ke samudra Atlantik di ujung paling utara Brasil. Salah satu sungai yang seluruhnya berada di wilayah Brasil adalah sungai Sao Fransisco. Keberadaan sungai ini disebut sebagai sungai kesatuan nasional. Sungai ini memiliki arti penting bagi jalur pelayaran dan berfungsi sebagai sumber energi bagi kehidupan.

Tumbuh-tumbuhan yang terdapat di Brasil beragam, mulai dari pohon raksasa hutan tropis, tumbuhan paku, sampai perdu kering berduri. Lebih dari separuh wilayah Brasil tertutupi oleh hutan belantara yang menghasilkan kayu berkualitas tinggi.

Keadaan Alam (Fisiografi)






Sekian mengenai Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Brazil, semoga bermanfaat.

0 Response to "Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Brazil"

Poskan Komentar