Keadan Iklim dan penduduk Inggris Raya

Keadan Iklim dan penduduk Inggris Raya




Keadan Iklim Inggris Raya
Mengingat Inggris merupakan pulau atau kepulauan di lepaspantai barat daratan Eropa dan juga karena letak lintangnya, makaInggris memiliki kondisi iklim yang dipengaruhi laut serta aruslaut panas (Gulf Stream) yang berasal dari equator utara di SamudraAtlantik. Dampak arus laut panas tersebut sangat kondusif bagikehidupan di kawasan ini. Jika melihat dan mengamati peta daerahiklim di Eropa, maka Inggris dan kawasan pantai Eropa Baratbahkan Eropa Utara memungkinkan memiliki iklim yang disebutiklim laut pantai barat. Ciri iklim tersebut adalah pengaruh lautcukup dominan, musim winter nyaman dan summer sejuk, hujanjatuh sepanjang tahun dan pada winter cenderung berawan tebal danberkabut. Pada siang hari, gejalanya pendek, berawan dan basah,summer cerah dan nyaman, serta pada siang hari gejalanya relativelebih panjang.

Gejala seringnya hujan jatuh baik di Inggris maupun didaerahiklim ini dibuktikan oleh tercatatnya beberapa kota antara lain London(164 hari hujan setahun), Scotland dan Shetland (260 hari hujansetahun), dan Paris (188 hari hujan setahun). Secara umum, Inggrismaupun kawasan pantai Barat Eropa cukup memiliki iklim yangnyaman dan kondusif bagi aktivitas kehidupan jika dibandingkannegara-negara di kawasan eropa lainnya.


Keadan Iklim dan penduduk Inggris Raya





Keadaan Penduduk Inggris raya
Pada awal 2004, jumlah penduduk Inggris mencapai sekitar60.000.000. Pertumbuhan penduduk relatif kecil yaitu rata-rata 0,1%per tahun. Wilayah Inggris relatif kecil (± 244.820 km²) dibandingkandengan jumlah penduduknya, Inggris merupakan salah satunegara terpadat penduduknya. Kepadatan penduduknya cukuptinggi mencapai 241 jiwa/km². Penduduk urban atau pendudukyang tinggal di kota pun sangat tinggi mencapai 90%. Mengingatbanyaknya arus imigran atau penduduk yang masuk ke Inggris,akhirnya pemerintah Inggris mengeluarkan kebijakan pembatasanimigran, yaitu dengan menetapkan undang-undang pembatasanjumlah penduduk masuk ke Inggris.Secara etnik, penduduk Inggris bersifat homogen (94% raskaukasoid) dan agama yang dianut sebagian besar adalah protestan,katolik, serta agama lainnya dengan persentase amat kecil.




Sekian mengenai Keadan Iklim dan penduduk Inggris Raya dari Geografisku, semoga ini dapat bermanfaat bagi semua, khususnya adalah untuk para pembaca yang membutuhkan informasi ini. sekian dan terimakasih.

0 Response to "Keadan Iklim dan penduduk Inggris Raya"

Poskan Komentar