Ciri Iklim Negara Amerika Serikat dan Kanada

Ciri-Ciri Iklim Negara Amerika Serikat dan Kanada - Letak lintang yang begitu bervariasi, menimbulkan kedua Negara memiliki berbagai jenis iklim. Faktor lainnya yang menyebab kan pola iklim di kawasan ini adalah luas wilayah dan keberadaan jalur Pegunungan Sierra Madre, Cascade, dan Rocky.

Wilayah Amerika Serikat dan Kanada dipengaruhi oleh Sembilan dari sebelas tipe iklim utama. Di bagian utara merupakan wilayah tundra yang tidak berpenghuni. Iklim subartik terdapat di Alaska dan sebagian besar Kanada. Wilayah hutan konifera sangat jarang dihuni, kecuali di daerah pertambangan, perburuan dan di daerah-daerah di mana dimungkinkan terjadinya kegiatan ekonomi ekstraktif.

Iklim laut pantai Barat membujur dari 40º LU–60º LU di pantai barat Kanada dan USA. Terdapat permukiman yang relatif intensif di wilayah perbatasan bagian selatan Kanada. Keuntungan dari iklim ini adalah summer yang sejuk, dan winter yang tidak terlalu dingin, dengan curah hujan cukup, dan menumbuhkan konifera. Bagian dari California memiliki iklim mediteran. Wilayah ini berpenduduk padat bahkan jumlah penduduknya sama besarnya dengan penduduk Kanada. Perhatikan Peta 6.3 mengenai iklim wilayah Kanada.

Ciri Iklim Negara Amerika Serikat dan Kanada



Sebelumnya materi terkait mengenai Keadaan Alam (Fisiografi) Negara Amerika Serikat dan Kanada mungkin dapat membantu.


Pada wilayah di bagian barat yang bergunung-gunung, beriklim gurun dan stepa. Beberapa wilayah terkering di dunia adalah gurun pedalaman Kalifornia. Wilayahnya meliputi Nevada, Arizona, dan New Meksiko. Di Kanada suhu yang lebih dingin mengurangi perluasan region gurun dan stepa.

Bagian timur Amerika Serikat dan Kanada beriklim humid kontinental, dengan ciri iklim summernya sejuk maupun tipe yang summer -nya hangat. Wilayah tenggara Amerika Serikat didominasi iklim subtropik. Wilayah ini summer-nya panas dan winter-nya cukup hangat. Ujung selatan Florida dan kepulauan Key beriklim sabana dengan summer-nya yang panas dan basah serta winternya yang hangat dan kering. Keadaan ini mendorong berkembangnya daerah wisata musim dingin di wilayah tersebut.

Kecenderungan arah pegunungan yang membujur utara – selatan di kawasan Amerika utara, mengakibatkan terjadinya perubahan yang penting dari iklim humid kontinental dan iklim humid subtropik. Tidak adanya penghalang fisik yang melintang di daratan rendah sentral memungkinkan udara dingin Kanada dan Arktik bertiup lebih jauh ke selatan. Akibatnya, iklim humid subtropik di Amerika Serikat secara periodik mengalami suhu beku, yang dapat merusak tanaman jeruk dan sayuran.

Ciri Iklim Negara Amerika Serikat dan Kanada 1



Sekian materi mengenai Ciri Iklim Negara Amerika Serikat dan Kanada, semoga bermanfaat.

0 Response to "Ciri Iklim Negara Amerika Serikat dan Kanada"

Poskan Komentar