Keadaan Penduduk dan Perekonomian Negara Jerman

Keadaan Penduduk dan Perekonomian Negara Jerman





Keadaan Penduduk
Sama dengan Inggris, sebagian besar penduduk Jerman puntinggal di perkotaan. Pada awal 2004 negara ini memiliki jumlahpenduduk 82,6 juta jiwa.

Tingkat pertumbuhan penduduknya mencapai 0,1% dankepadatan penduduk mencapai 230 jiwa/km². Secara etnik, pendudukJerman bersifat homogen yaitu ras kaukasoid, namun lebih khusus dapatdibedakan di mana subras nordik umumnya menempati wilayah bagianutara, sedangkan di bagian selatannya adalah subras mediteran. Agamayang dianut sebagian besar adalah kristen protestan di bagian selatan,sedangkan di bagian utara katolik. Agama lainnya antara lain Islamdan Yahudi dengan persentase sangat kecil. Bangsa Jerman memilikikebudayaan yang sangat maju, demikian pula ilmu pengetahuan danteknologinya. Kebudayaan yang maju, ilmu pengetahuan dan teknologiyang tinggi, serta ditopang oleh kekayaan sumber daya alam yangpotensial menyebabkan pula Jerman di masa lalu terlibat dalam duakali perang dunia.




Perekonomian
Kegiatan perekonomian Jerman meliputi bidang pertanian,pertambangan dan perindustrian, maupun pariwisata. Namun sectorindustri mendapatkan tempat utama. Hal ini pula yang menempatkanJerman menjadi salah satu negara industri termaju di dunia. Sektorindustri di Jerman merupakan tulang punggung perekonomiannegara. Dari sektor ini mampu menyumbang pendapatan sebesarlebih kurang 98 % dari pendapatan keseluruhan Jerman. 

Bagaimanausaha pengem bangan per ekonomian di Jerman dapat dipahamimelalui uraian berikut.
a) Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan
Meskipun Jerman negara industri, tetapi pada kenyataannya 85%lahan digunakan untuk usaha pertanian dan kehutanan. Namun, usahapertanian hanya digarap oleh sebagian kecil penduduk. Daerah yangpaling subur untuk pertanian terdapat di sekitar lembah Sungai Rhein.Wilayah pertanian lainnya adalah dataran rendah utara di sekitarSungai Salpater. Bagian selatannya terdapat tanah loss yang suburbagi usaha tanaman anggur. Pada dataran tingginya diusahakantanaman hop sebagai bahan baku minuman bir. Di Bavaria petani telahmenggunakan teknologi horsch (penanaman tanpa menggunakan alatbajak) yang sangat produktif. Metodenya menggunakan mesin penaburbenih yang ramah lingkungan. Pengolahan atau penanaman dapatdilakukan tanpa mengerosi lapisan tanah humus yang subur.

Usaha peternakan dilakukan tetapi produksinya tidak mencukupikebutuhan dalam negeri sehingga untuk kebutuhan tersebut harusmengimpor dari negara lain. Impornya antara lain adalah daging,susu, keju, dan mentega.Kehutanan dikembangkan terutama untuk menutupi lahan-lahan dipegunungan Jerman utara yang awalnya gersang. Luasan hutan tersebutkini mencapai 27% dari seluruh wilayah Jerman. Namun, Jermanmasih mengimpor kayu dan kertas selulosa dari Swedia, Finlandia, danNorwegia untuk menutupi kebutuhan dalam negerinya.

b) Pertambangan dan Perindustrian
Hasil pertambangan yang penting dan banyak dibutuhkanadalah batu bara dan besi. Selain itu, dihasilkan pula minyak bumi,mangan, dan timah hitam.

Daerah penambangan batu bara di Jerman adalah Ruhr, sungaiSaar, dan Aachen. Ruhr merupakan daerah penghasil batu baradan bijih besi terbesar. Namun untuk mencukupi kebutuhan dalamnegerinya, Jerman masih mengimpor besi dari Swedia, Spanyoldan Aljazair. Daerah penambangan timah hitam dilakukan diPegunungan Harz dan Eifel.

Sektor perindustrian di Jerman ditunjang oleh hasil tambangbatu bara dan minyak bumi sebagai bahan energi. Umumnyaperindustrian terdapat di daerah tambang batu bara yaitu Ruhr dandi sepanjang lembah Sungai Rhein. Hal tersebut dimaksudkan untukmenekan biaya produksi. Industri paling besar di Jerman adalahindustri besi baja. Beberapa kota besar sebagai pusat perindustrianantara lain adalah Krupp menghasilkan mobil, lokomotif, dan mesinmesin.Assen pusat industri mesin-mesin alat pertanian. Solingenpusat industri pisau dan gunting. Wuppertal pusat industri tekstil.Hanover pusat pabrik gula dari bahan bit. Chemuitz terdapatindustri tekstil dan logam. Leipzig pusat industri alat optik danBerlin Timur merupakan pusat industri kimia, konfeksi dan barangbarangelektronik.


Keadaan Penduduk dan Perekonomian Negara Jerman




Sekian materi mengenai Keadaan Penduduk dan Perekonomian Negara Jerman, semoga bermanfaat.

0 Response to "Keadaan Penduduk dan Perekonomian Negara Jerman"

Poskan Komentar