Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia

Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia – Adalah Pada saat kamu duduk di bangku SD, kamu pernah belajar mengenai lagu-lagu nasional Indonesia. Nah, masih ingatkah kamu dengan lagu "Dari Sabang Sampai Merauke?" Untuk mengingatnya, cobalah kamu nyanyikan syair lagu berikut.

Dari Sabang Sampai Merauke
Ciptaan: NN
Dari Sabang sampai Merauke Berjajar pulau-pulau Sambung menyambung menjadi satu Itulah Indonesia Indonesia tanah airku, aku berjanji padamu Menjunjung tanah airku, tanah airku Indonesia

Jika kamu perhatikan, syair lagu "Dari Sabang Sampai Merauke" menceritakan tentang wilayah Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Lagu tersebut dapat membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme. Sabang adalah sebuah kota di pulau di ujung barat laut Indonesia. Adapun Merauke adalah sebuah kota kabupaten di Papua di ujung tenggara Indonesia.


Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia



Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kondisi geografis? Kondisi geografis adalah keadaan lingkungan alam, seperti letak, luas, bentang alam, cuaca, iklim, serta flora dan fauna. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi geografis Indonesia, meliputi cuaca dan iklim, jenis tanah, flora dan fauna, serta keragaman budaya Indonesia akan dipelajari berikut ini.




Indonesia dikenal dengan sebutan negara kepulauan karena Indonesia memiliki jumlah pulau paling banyak di dunia.
a. Letak Astronomis
Berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia berada di antara 6º LU–11º LS dan 95º BT–141ºBT. Pengaruh letak astronomis Indonesia terhadap kondisi geografis Indonesia adalah sebagai berikut. 
b. Letak Geografis
Letak geografis adalah letak suatu wilayah atau daerah dilihat dari daerah-daerah lain di sekitarnya. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia berada di antara dua benua




Berdasarkan letak astronomisnya, Kepulauan Indonesia beriklim tropis karena berada di antara lintang 0º–23,5º LU dan 0º–23,5º LS. Secara keseluruhan, pola iklim di Indonesia memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
a. Suhu udara rata-rata tinggi, antara 26ºC–28ºC.
b. Udaranya lembap dan mengandung banyak uap air.
c. Curah hujan tinggi, yaitu di atas 2.000 mm/tahun.

Faktor-faktor yang menyebabkan Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi, antara lain sebagai berikut.
a. Terletak di khatulistiwa
b. Adanya angin laut yang naik ke gunung
c. Dipengaruhi oleh angin muson barat yang banyak mengandung air





Tanah berasal dari beragam pelapukan batuan yang d ipengaruhi iklim, organisme, bahan induk, topografi, dan waktu. Proses pembentukan tanah disebut pedogenesis. Ilmu yang secara khusus mempelajari mengenai proses pembentukan tanah disebut pedogenesa. Jenis–jenis tanah yang terdapat di Indonesia bermacam-macam, antara lain sebagai berikut.
a. Tanah Gambut
b. Litosol
c. Andosol
d. Aluvial
e. Regosol
f. Podsol
g. Latosol
h. Grumosol




Flora dan Fauna Indonesia
Indonesia kaya akan keragaman flora yang khas (endemik). Flora dan fauna memiliki pola persebaran tertentu. oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut.
1) Faktor Fisik
a) Iklim
b) Tanah
c) Relief
d) Keadaan air
2) Faktor Biotik (Makhluk Hidup)
a) Manusia
b) Hewan
Berdasarkan iklim dan keadaan tanah di Indonesia, jenis flora dapat dibedakan ke dalam beberapa wilayah, yaitu sebagai berikut.
1) Kalimantan, Sumatra, dan Papua
2) Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB)
3) Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT)
Berdasarkan tinggi rendahnya suatu tempat, jenis flora di Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
1) Wilayah Dataran Tinggi
2) Wilayah Dataran Rendah
3) Wilayah Pantai

Jenis fauna yang ada di Indonesia digolongkan menjadi tiga, yaitu Fauna Indonesia Bagian Barat (Asiatis), Fauna Indonesia Bagian Tengah (Peralihan), dan Fauna Indonesia Bagian Timur (Australis).
Terdapat dua faktor yang memengaruhi persebaran fauna di Indonesia, yaitu sebagai berikut.
1) Sejarah Geologi
2) Relief Permukaan Bumi 
Penggolongan fauna di Indonesia secara geologis dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
1) Fauna Indonesia Bagian Barat (Asiatis)
2) Fauna Indonesia Bagian Tengah (Peralihan)
3) Fauna Indonesia Bagian Timur (Australis)




Penduduk adalah orang atau sekelompok orang yang tinggal di suatu tempat. Penduduk Indonesia adalah orang-orang yang menetap di Indonesia. Keragaman budaya bangsa Indonesia dapat terlihat dalam aspek-aspek sebagai berikut.
1. Budaya Masyarakat
2. Adat Istiadat
3. Rumah Adat
4. Upacara Adat
5. Kesenian Tradisional


0 Response to "Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia"

Posting Komentar