Keragaman Budaya Adat Upacara dan Kesenian Penduduk Indonesia

Keragaman Budaya Adat Upacara dan Kesenian Penduduk Indonesia - Penduduk adalah orang atau sekelompok orang yang tinggal di suatu tempat. Penduduk Indonesia adalah orang-orang yang menetap di Indonesia. Berdasarkan publikasi dari Badan Pusat Statistik (BPS), hasil sensus pada 2000 menunjukkan bahwa penduduk Indonesia berjumlah 202,9 juta jiwa. Indonesia menduduki urutan keempat sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak setelah Cina, India, dan Amerika Serikat.

Penduduk Indonesia terdiri atas beberapa suku bangsa, kebudayaan, dan memiliki berbagai bahasa daerah. Keragaman ini dijadikan dasar untuk membina persatuan dan kesatuan bangsa. Bahkan, persatuan keragaman ini dijadikan semboyan dan dicantumkan dalam lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut berbunyi "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya meskipun berbeda-beda tetapi satu jua.



Keragaman budaya bangsa Indonesia dapat terlihat dalam aspek-aspek sebagai berikut.

1. Budaya Masyarakat
Negara Indonesia memiliki kekayaan budaya dan adat istiadat yang begitu beragam. Dari sekitar 13.667 pulau ber penduduk di Indonesia, ternyata telah menghasilkan 400 suku bangsa dan ratusan bahasa daerah. Keragaman budaya tersebut telah melahirkan adat istiadat dan kebiasaan yang berbeda yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Keragaman budaya dapat diamati dari berbagai bentuk kebudayaan khas, seperti bahasa, bentuk rumah adat, pakaian adat, kesenian tradisional, dan makanan khas.

2. Adat Istiadat
Adat istiadat diartikan sebagai tata kelakuan yang kuat dan menyatu dengan perilaku masyarakat yang diwariskan turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Contoh adat istiadat yang masih terpelihara dengan baik sampai sekarang adalah adat dalam upacara perkawinan, upacara kematian (seperti Ngaben di Bali), dan upacara Belian Obat di Suku Dayak.

3. Rumah Adat
Rumah adat adalah ruang diselenggarakannya upacara adat. Keragaman bentuk dan arsitektur dari rumah adat yang terdapat di Indonesia banyak sekali. Perbedaan dan keragaman bentuk rumah adat yang terdapat di Indonesia disesuaikan dengan fungsi, keadaan geografis, dan perbedaan kehidupan penduduk di Indonesia. Sebagai contoh adalah rumah Lamin di Kalimantan Timur, rumah Panjang di Kalimantan Barat, dan rumah Banjar di Kalimantan Selatan.
Dari semua rumah adat yang berada di Kalimantan, semuanya memiliki persamaan bentuk, yaitu berbentuk rumah panggung. Bentuk rumah tersebut sengaja dibuat demikian karena pada umumnya orang Kalimantan hidup tersebar secara berkelompok di daerah sekitar hutan. Oleh karena itu, bentuk rumah panggung adalah bentuk rumah yang tepat untuk menghindari serangan binatang buas. Selain itu, fungsi lain dari rumah adat adalah sebagai tempat berteduh, beristirahat, dan tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga.

Keragaman Budaya Adat Upacara dan Kesenian Penduduk Indonesia



4. Upacara Adat
Perbedaan dan keragaman bentuk dan tata upacara adat di setiap daerah di Indonesia bergantung kepada adat istiadat yang berlaku di tiap-tiap daerah tersebut. Contoh upacara adat di Indonesia, antara lain sebagai berikut.
a. Upacara Ngaben, yaitu upacara adat pembakaran mayat dalam agama Hindu di Bali. Upacara ini merupakan upacara pembakaran jenazah bersama dengan sejumlah benda berharga yang dimilikinya sebagai syarat upacara.
b. Upacara Belian Obat, yaitu upacara yang dilakukan Suku Dayak dalam rangka pengobatan tradisional di daerah Tanjung Isuy, Kalimantan Timur.
c. Upacara Ngeuyeuk Seureuh dan Saweran, yaitu rangkaian upacara perkawinan di daerah Jawa Barat. Upacara ini berisi tentang nasihat-nasihat dalam mengarungi kehidupan berumah tangga.
d. Upacara Kesodo, yaitu upacara yang dilakukan oleh masyarakat Hindu di Gunung Bromo. Upacara ini dilakukan dengan cara melemparkan sesajen ke dalam kawah Gunung Bromo.


Sebelumnya mengenai Persebaran Fauna di Indonesia ini dapat menambah pengetahuan anda


5. Kesenian Tradisional
Keragaman budaya, adat istiadat, rumah adat, upacara adat, dan kesenian tradisional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan kekayaan yang sangat berharga. Keragaman tersebut jika dilestarikan dan dikelola dengan baik akan sangat bermanfaat dalam mempromosikan kebudayaan nasional ke dunia internasional. Perkembangan sektor pariwisata akan memberikan devisa bagi negara yang optimal.

Wujud kesenian tradisional dapat dituangkan ke dalam berbagai macam bentuk, seperti tarian tradisional dan alat musik tradisional. Tarian adat disebut juga tarian daerah. Tarian ini dibuat berdasarkan tujuan tertentu, seperti untuk upacara keagamaan, penyambutan tamu agung, ungkapan rasa syukur, dan upacara kematian. Contoh tari adat di Indonesia adalah Tari Saman, Tari Piring, Tari Jaipongan, dan Tari Kecak.

Alat musik Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Keunikan alat musik tradisional ini dapat dilihat dari segi bentuk, bahan yang digunakan, jumlah orang yang memainkan, sampai cara memainkan alat tersebut.

Keragaman Budaya Adat Upacara Kesenian Indonesia



0 Response to "Keragaman Budaya Adat Upacara dan Kesenian Penduduk Indonesia"

Posting Komentar