Letak Astronomis dan Geografis Indonesia

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia - Letak Astronomis Letak Geografis Adalah. Indonesia dikenal dengan sebutan negara kepulauan karena Indonesia memiliki jumlah pulau paling banyak di dunia. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), pada 2004 jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 17.504 pulau. Pulau yang tidak berpenghuni sebanyak 6.000 pulau. Indonesia terdiri atas lima pulau besar, yaitu Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Jika perairan antara pulau-pulau tersebut digabungkan, luas Indonesia adalah 1,9 juta mil². Luas pulau-pulau besar yang ada di Indonesia dapat dilihat pada Tabel 10.1 berikut.

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia


Pada 2002, Indonesia kehilangan dua pulau, yaitu Pulau Sipadan dan Ligitan di Kalimantan Timur. Kedua pulau tersebut lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sekarang telah menjadi bagian dari negara tetangga Indonesia, yaitu Malaysia. Keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda. Letak Indonesia dapat ditentukan berdasarkan letak astronomis dan letak geografis yang berpengaruh terhadap kondisi geografis dan penduduk.



Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah di muka bumi berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Apakah yang dimaksud dengan garis lintang dan garis bujur? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perhatikanlah peta yang ada di kelasmu atau dengan membuka atlas.

Garis lintang adalah garis khayal (imajiner) atau garis khatulistiwa (0º) yang melintang di permukaan bumi dari barat ke timur. Garis lintang terbagi menjadi dua, yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS).

Garis bujur adalah garis khayal (imajiner) yang membujur dari kutub utara sampai kutub selatan. Garis bujur terbagi menjadi dua, yaitu Bujur Barat (BB) dan Bujur Timur (BT). Garis bujur barat terletak di sebelah barat garis bujur 0º yang terletak di Kota Greenwich (London, Inggris). Adapun garis bujur timur terletak di sebelah timur Kota Greenwich.


Sebelumnya mengenai Cara Menggambar Sketsa atau Denah ini dapat menambah pengetahuan anda.


Berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia berada di antara 6º LU–11º LS dan 95º BT–141ºBT. Pengaruh letak astronomis Indonesia terhadap kondisi geografis Indonesia adalah sebagai berikut.

1) Berdasarkan garis bujurnya, Indonesia terbagi atas tiga daerah waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB) meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah yang memiliki selisih waktu 7 jam dari waktu Greenwich. Waktu Indonesia Tengah (WITA), meliputi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, dan Sulawesi yang memiliki selisih waktu 8 jam dari waktu Greenwich. Adapun Waktu Indonesia Timur (WIT) meliputi Maluku dan Papua yang memiliki selisih waktu 9 jam dari waktu Greenwich.
2) Garis lintang Kepulauan Indonesia yang terletak pada 6º LU–11º LS, mengakibatkan Indonesia berada di zona iklim tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia 2




Letak Geografis Indonesia

Letak geografis adalah letak suatu wilayah atau daerah dilihat dari daerah-daerah lain di sekitarnya. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia berada di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia, serta diapit oleh dua samudra, yaitu Hindia dan Pasifik.

Pengaruh letak geografis Kepulauan Indonesia antara lain sebagai berikut.
1) Bertiupnya angin muson barat dan angin muson timur. Angin muson barat terjadi pada bulan Oktober–April menyebabkan Indonesia mengalami musim hujan. Adapun angin muson timur terjadi pada bulan April–Oktober yang menyebabkan Indonesia mengalami musim kemarau.
2) Iklim tropis di Indonesia bersifat lembap. Hal ini dikarenakan udara yang berada di wilayah Indonesia relatif basah dan diapit uap air karena banyak mengandung uap air sehingga curah hujan rata-rata tahunannya tinggi.
3) Indonesia berada di persimpangan lalu lintas dunia, baik laut maupun udara. Hal tersebut menguntungkan bagi perdagangan, pariwisata, maupun kehidupan sosial dan politik Indonesia.
4) Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna, yaitu bercorak Asiatis dan Australis.


0 Response to "Letak Astronomis dan Geografis Indonesia"

Posting Komentar