Rangkuman Materi Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia



Bentang alam wilayah Indonesia sangat beragam. Hamparan hutan dan sawah yang menghijau bak untaian zamrud khatulistiwa. Banggakah kamu menjadi warga negara Indonesia yang subur dan makmur? Hutan, laut, sungai, dan pantai bagian dari kondisi fisik Indonesia. Indonesia kaya pula akan keragaman suku bangsa, budaya, dan adat istiadat. Indonesia memiliki keunikan tarian, senjata tradisional, pakaian daerah, dan makanan yang khas. Sungguh mengagumkan. Materi tentang kondisi geografis dan penduduk Indonesia akan diuraikan pada bab berikut.

Untuk mempermudah pemahamanmu tentang materi tersebut, pelajarilah peta konsep berikut. Peta konsep akan memberikan kemudahan bagimu mempelajari materi yang akan dibahas. Cermati dan amati peta konsep berikut.


Rangkuman Materi Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia






Ikhtisar

Kondisi geografis adalah keadaan lingkungan alam suatu wilayah, meliputi letak, luas, bentang alam, cuaca, iklim, serta flora dan fauna.

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah  atau daerah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia berada di antara 6º LU–11º LS dan 95º BT–141º BT. Letak geografis adalah letak suatu wilayah atau daerah dilihat dari daerahdaerah lain di sekitarnya. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia berada di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia, serta diapit oleh dua samudra, yaitu Hindia dan Pasifik.

Cuaca adalah keadaan cuaca pada suatu saat dengan cakupan wilayah dan waktu yang relatif sempit.

Iklim adalah rata-rata keadaan cuaca dengan cakupan wilayah dan waktu yang relatif luas. Iklim biasanya dihitung dalam rentang waktu 30 tahun.

Unsur-unsur cuaca dan iklim meliputi suhu udara (temperatur), tekanan udara, angin, kelembapan udara, dan curah hujan.

Tanah yang dalam Bahasa Inggris disebut soil adalah suatu benda fisik yang berwujud tiga dimensi yang merupakan bagian paling atas dari kulit bumi.

Lahan dalam bahasa Inggrisnya disebut land adalah lingkungan benda mati (abiotik) dan benda hidup (biotik) yang berkaitan dengan daya dukungnya.

Flora dapat diartikan sebagai dunia tumbuhtumbuhan. Adapun fauna dapat diartikan sebagai dunia hewan.

Penduduk adalah orang atau sekelompok orang yang tinggal di suatu tempat. Penduduk Indonesia adalah orang-orang yang menetap di Indonesia. Berdasarkan publikasi dari Badan Pusat Statistik (BPS), hasil sensus pada tahun 2000 menunjukkan bahwa penduduk Indonesia berjumlah 202,9 juta jiwa.

Penduduk Indonesia terdiri atas beberapa suku bangsa, tradisi budaya, dan memiliki ber bagai jenis bahasa daerah. Keragaman ini dijadikan dasar untuk membina persatuan dan kesatuan bangsa.


0 Response to "Rangkuman Materi Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia"

Posting Komentar