Macam Jenis Persebaran Fauna di Indonesia

Macam Jenis dan Persebaran Fauna di Indonesia - Adalah Berdasarkan letak astronomis dan letak geografisnya, Indonesia memiliki karakteristik alam yang unik dan beragam sehingga hal tersebut turut memengaruhi terhadap keadaan flora dan fauna di Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara yang banyak memiliki beragam jenis flora dan fauna.


Fauna dapat diartikan sebagai dunia hewan. Indonesia memiliki keragaman fauna yang sangat tinggi. Keragaman tersebut dikarenakan fauna yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh persebaran fauna dari Asia dan Australia. Oleh karena itu, jenis fauna yang ada di Indonesia digolongkan menjadi tiga, yaitu Fauna Indonesia Bagian Barat (Asiatis), Fauna Indonesia Bagian Tengah (Peralihan), dan Fauna Indonesia Bagian Timur (Australis).


Terdapat dua faktor yang memengaruhi persebaran fauna di Indonesia, yaitu sebagai berikut.
1) Sejarah Geologi
Secara geologis, Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu Dangkalan Sunda (Indonesia bagian barat), Dangkalan Sahul (Indonesia bagian timur), dan laut tengah (Indonesia bagian tengah). Indonesia bagian barat pada zaman dahulu bersatu dengan daratan Asia sehingga hewan-hewan yang ada bertipe sama dengan hewan Asia. Indonesia bagian timur pada zaman dahulu bersatu dengan Australia sehingga hewan-hewan yang ada bertipe sama dengan hewan Australia. Hewan yang ada di wilayah Indonesia bagian tengah merupakan hewan asli Indonesia. Bahkan di daerah ini terdapat hewan endemik yang tidak ditemukan di tempat lain.
2) Relief Permukaan Bumi
Tinggi rendahnya relief permukaan bumi di Indonesia yang tidak sama, turut berpengaruh terhadap persebaran fauna di Indonesia. Pegunungan, perbukitan, lembah, sungai, danau, rawa, dan laut sangat memengaruhi terhadap persebaran fauna di Kepulauan Indonesia.


Sebelumnya mengenai Persebaran Flora di Indonesia ini dapat menambah pengetahuan anda.


Penggolongan fauna di Indonesia secara geologis dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
1) Fauna Indonesia Bagian Barat (Asiatis)
Fauna Indonesia bagian barat meliputi hewanhewan yang mirip dengan hewan-hewan di Asia, seperti harimau, orangutan, badak, kerbau, dan beruang. Hewan-hewan ini hidup di bagian barat Indonesia, yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali, dan perairan di sekitarnya.
2) Fauna Indonesia Bagian Tengah (Peralihan)
Fauna yang terdapat di daerah ini memiliki ciri khusus yang berbeda dengan fauna Asia dan Australia karena merupakan peralihan dari fauna Asiatis dan fauna Australis. Adapun contoh fauna peralihan antara lain komodo (hewan endemik), kuskus, dan anoa.
3) Fauna Indonesia Bagian Timur (Australis)
Fauna Indonesia bagian timur meliputi hewanhewan yang mirip dengan hewan-hewan di Australia, seperti burung kasuari, cendrawasih, dan kanguru. Hewan-hewan tersebut hidup di bagian timur Indonesia, yaitu di Papua, sekitar Kepulauan Aru dan Pulau Halmahera.

Macam Jenis Persebaran Fauna di Indonesia



0 Response to "Macam Jenis Persebaran Fauna di Indonesia"

Posting Komentar