Contoh Negara Maju dan Berkembang

Contoh Negara Maju dan Berkembang - di Dunia berdasarkan ukuran-ukuran tersebut, secara umum negara negara di dunia dapat dikelompokan sebagai berikut.
a. Kelompok negara maju, antara lain Amerika Serikat dan Kanada (Amerika), Inggris, Jerman, Prancis, dan hampir semua negara di Eropa Barat, Swedia, Norwegia, Denmark, Italia (Eropa), Jepang (Asia), dan Australia.
b. Kelompok negara berkembang terdiri atas negara-negara di kawasan Asia termasuk Indonesia, Afrika, dan Amerika Latin.


Untuk memperoleh gambaran dan mengenal bagaimana karakteristik negara-negara baik maju maupun berkembang, akan dibahas beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut.


Contoh Negara Maju


Amerika Serikat dan Kanada
Amerika Serikat (United States of America) dan Kanada adalah dua negara yang wilayahnya terletak di bagian utara benua Amerika. Dua negara tersebut sangat berpengaruh pada perubahan dan kemajuan dunia dewasa ini. Hal tersebut dimungkinkan karena penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologinya yang jauh lebih canggih, khususnya Amerika Serikat.

Amerika Serikat dan Kanada disebut sebagai kawasan Amerika Anglo karena budaya yang sangat berpengaruh dan berkembang pada wilayah tersebut adalah budaya Inggris dan Prancis. Sementara kawasan di sebelah selatan dua negara tersebut, mulai dari Meksiko, Argentina dan Cili di ujung selatan benua ini disebut negara-negara Amerika Latin karena budaya yang berpengaruh adalah budaya Latin atau budaya yang berasal dari kawasan Eropa Selatan khususnya kebudayaan Spanyol.

Untuk memperoleh gambaran tingkat kemajuan baik wilayah Amerika Serikat maupun Kanada, perhatikan Tabel 6.2 berikut.

Contoh Negara Maju dan Berkembang


Data tersebut memberikan gambaran bahwa baik Amerika Serikat maupun Kanada menunjukkan angka-angka yang maksimal untuk semua kriteria yang menjadikan indikasi sebagai Negara maju. Perbedaan yang mendasar terletak pada jumlah penduduk tingkat pertumbuhan penduduk dan pertambahan kelipatan dua penduduk nya (doubling time). Jumlah penduduk Kanada sedikit jika diban dingkan dengan jumlah penduduk Amerika Serikat. Sementara luas wilayah Kanada lebih luas daripada Amerika Serikat.

Angka pertambahan kelipatan dua penduduk Kanada pun memiliki jumlah duakali lipat lebih banyak dari Amerika Serikat. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah penduduk AS menjadi dua kali lipat dari jumlah sekarang dalam waktu 116 tahun mendatang, sementara Kanada dua kali lipat lagi dari waktu tersebut yaitu 233 tahun mendatang. Hal ini berarti pemerintah Kanada tidak memiliki beban terlalu berat dengan masalah kependudukannya. Misalnya, penyediaan lapangan kerja, fasilitas perumahan, dan pendidikan tidak harus dalam waktu yang relatif singkat.

1) Letak dan Luas
Amerika Serikat merupakan negara federal yang terdiri atas 50 negara bagian. Dari jumlah tersebut, 48 negara bagian terletak di daratan Amerika Utara dan dua negara bagian lainnya adalah Kepulauan Hawaii di Lautan Pasifik dan Alaska yang terletak di sebelah Utara Kanada. Kanada merupakan negara federal tetapi terbagi ke dalam wilayah administrasi yaitu kedalam sepuluh provinsi dan dua teritori federal.

Letak Amerika Serikat terutama wilayah utamanya secara astronomis terletak pada 25º LU – 49º LU dan 66º BB - 125º BB. Kanada secara astronomis terletak pada 49 º LU – 85º LU dan pada 55º BB - 140º BB. Luas keseluruhan wilayah Amerika Serikat baik di daratan utama maupun dua wilayah lainnya yaitu ± 9.372.610 km². Luas wilayah Kanada meliputi sekitar 9.705.065 km². Berikut ini disajikan mengenai peta region Amerika Serikat dan Kanada sebagai salah satu negara maju di dunia.

Letak dan Luas amerika



Inggris Raya (United Kingdom)
Inggris adalah salah satu negara Eropa yang cukup terkenal di dunia. Kepopulerannya dimungkinkan karena bahasa Inggris digunakan hampir di 85 % negara di dunia. Kondisi tersebut adalah hasil dari kejayaan masa lalunya di zaman penaklukan daerah-daerah baru di luar Eropa, setelah prestasi yang sama diawali oleh Spanyol. Oleh karena itu, kebudayaan Inggris sangat meluas dan berpengaruh di semua belahan dunia.

Sesungguhnya secara politik, Inggris atau England adalah salah satu kerajaan bagian dari Serikat Kerajaan (United Kindom) bersama kerajaan bagian lainnya yaitu Wales dan Scotland yang wilayahnya berada di pulau Britania, serta Ulster yang wilayahnya menempati bagian Utara Pulau Eire (Irlandia Utara). Sementara itu, bagian selatan Pulau Eire secara politik merupakan wilayah Republik Irlandia. Dengan demikian, United Kingdom (UK) dimaksudkan pada serikat kerajaan yang terdiri atas England, Wales, Scotland, dan Ulster, atau sering pula disebut Britania Raya. Namun demikian Inggris atau England tetap memiliki kewenangan yang lebih dalam mengendalikan persatuan atau perserikatan kerajaan tersebut. Inggris termasuk salah satu negara Eropa yang maju di dunia. Pen dapatan perkapitanya mencapai 24.340 dolar AS. Indikator selengkapnya dapat dilihat pada Tabel 6.3 berikut ini.

United Kingdom



Jerman merupakan salah satu negara di kawasan Eropa Barat. Negara tersebut merupakan negara maju dan terkemuka di daratan Eropa. Secara teritorial, Prancis yang juga sebagai negara maju di kawasan ini memang memiliki luas wilayah yang jauh lebih besar di Eropa Barat, tetapi secara demografi maupun ekonomi Jerman lebih besar dan maju. Sejak perang dunia kedua berakhir, Jerman terbagi menjadi dua, yaitu Jerman Barat yang mengembangkan paham demokrasi dan Jerman Timur yang beraliran komunis. Akan tetapi, sejak hegemoni komunis Uni Soviet berakhir, maka pengaruhnya pun berdampak pada reformasi politik di negara-negara yang ada dalam pengaruh Uni Soviet di Eropa, termasuk Jerman Timur.

Akhirnya Jerman Barat dan Jerman Timur melakukan unifikasi (bersatu kembali) yang ditandai oleh runtuhnya Tembok Berlin sebagai simbol pemisah dua paham tersebut di Kota Berlin. Sekarang nama resmi Jerman unifikasi tersebut adalah Republik Federasi Jerman (Bundes Republik Deutschland).

jerman 


Kegagalan Jerman Timur dalam membangun perekonomiannya sangat nyata dikarenakan sistem komunisme yang dijalankannya. Berbeda dengan Jerman Barat yang menerapkan sistem ekonomi liberal berhasil mencapai kemajuan pesat baik dalam bidang perekonomian maupun aspek lainnya. Kini dalam unifikasi, Jerman berusaha mempertahankan dan mengembangkan pencapaian yang telah diraihnya.

Berkembangnya Jerman menjadi negara maju tidak lepas dari kebu dayaan yang dimiliki dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Kekayaan sumber daya alam terutama barang tambang mendukung Jerman pada kemajuannya saat ini. Pusat kekayaan sumber barang tambangnya adalah daerah Ruhr yang berada di salah satu lembah aliran Sungai Rhein. Pentingnya Ruhr menyebabkan berkembangnya kawasan di sepanjang lembah sungai Rhein. Hal tersebut ditandai oleh berkembang pesatnya kota-kota di sepanjang lembah ini menjadi wilayah metropolitan antara lain Bonn, Koln, Frankfurt, Dusseldorf, Dortmund, dan Essen. Jerman termasuk salah satu negara Eropa yang maju di dunia. Pen dapatan per kapitanya mencapai 25.240 dolar AS. Indikator selengkapnya dapat dilihat pada Tabel 6.4 berikut.

jerman 2





Contoh Negara Berkembang


Cina merupakan salah satu negara berkembang yang berada di kawasan Asia Timur. Penduduk Cina lebih dari seperlima penduduk dunia, untuk itu Cina merupakan negara berpenduduk terbesar di dunia. Negara inipun memiliki wilayah yang sangat luas. Bentangan arah barat- timur dimulai dari batas timur daerah Kashmir India dan Kazakstan sampai dengan batas selatan Siberia Timur dan Semenanjung Korea, dan bentangan utara - selatannya di mulai dari batas selatan Mongolia sampai dengan batas utara Indo Cina. Sebuah negara besar dari ukuran luas wilayah dan jumlah penduduknya.

Sepanjang sejarahnya, Cina mengalami beberapa perubahan. Perubahan terbesar adalah ketika terjadi revolusi komunis. Masyarakat Cina prakomunisme diperintah oleh raja dan dinasti berkuasa terakhir adalah Qing yang turun tahta pada 1911. Selanjutnya, terjadi kekacauan selama 40 tahun. Akhirnya, komunis berusaha untuk mengembangkan pemerintahan baru di timur setelah berhasil mengendalikan kekuasaan dari kaum nasionalis di Taiwan.

Beberapa indikator mengenai keadaan tingkat perkembangan Cina saat ini dapat dilihat pada Tabel 6.5 berikut.

republik rakyat cina



Brasil merupakan salah satu negara berkembang yang berada di kawasan Amerika Latin. Secara fisik Benua Amerika dapat pula dibagi menjadi tiga bagian wilayah, yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Brasil adalah salah satu negara yang berada di kawasan Amerika Selatan.

Awalnya Brasil merupakan koloni Portugis. Pada 7 September 1822 memisahkan diri dari Portugis dan menjadi Kerajaan Brasil yang merdeka. Pada masa ini, perbudakan amat berkembang. Namun, pada 15 November 1889 melalui pemberontakan meng akibatkan raja turun tahta, dan Kerajaan Brasil berubah menjadi Republik Serikat, kemudian perbudakan di negara ini dihapuskan. Untuk melihat lebih jauh gambaran tentang negara Brasil, dapat Anda amati Tabel 6.6 berikut ini.

brazil





Sekian mengenai Contoh Negara Maju dan Berkembang, semoga bermanfaat.

0 Response to "Contoh Negara Maju dan Berkembang"

Poskan Komentar