Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Jerman

Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Jerman




Letak dan Luas
Posisi astronomis Jerman terletak di antara 47º LU - 55º LU dan6º BT – 15º BT. Secara geografi, di Utara dibatasi oleh Laut Utara danLaut Baltik, di sebelah Timur dengan Polandia dan Republik Ceko,di Selatan dibatasi oleh Swiss dan Austria dan di Barat dibatasi olehBelanda, Belgia, Luxemburg dan Prancis. Luas wilayah keseluruhanmencapai 356.910 km².

Letak dan Luas jerman


Berdasarkan letak geografisnya, tampak bahwa Jerman tidakseberuntung negara tetangganya di kawasan Eropa Barat, sepertiPrancis, Belanda atau Belgia yang memiliki akses ke laut lepas.Prancis bahkan memiliki akses yang luas baik ke Samudra Atlantikmaupun ke Laut Tengah. Jerman memiliki wilayah pantai yangberada di kawasan Laut Utara tetapi garis pantainya relatif pendek.Kalau pun ada wilayah pantai yang lebih panjang di Laut Baltik,namun perairan laut ini cenderung membeku di musim winter.

Wilayah daratnya terkesan terkunci, di sisi Barat oleh Belanda danBelgia, di selatan terbatasi oleh pegunungan Alpen dan di timur olehPolandia. Meskipun demikian, Jerman mampu mengatasi kendalaatau faktor rintangan tersebut. Jerman memiliki pelabuhan alam yangbaik, sungai dan saluran-saluran pedalamannya memiliki akses kepelabuhan tersebut, dan dapat dilayari oleh kapal-kapal berukuransamudra, termasuk ke pelabuhan Rotterdam di negara tetangganyaBelanda. Sebaliknya, Prancis tidak memilikinya.




Keadaan Alam (Fisiografi)
Keadaan bentuk permukaan bumi atau fisiografi Jerman dapatdibedakan menjadi tiga bagian yaitu dataran rendah di utara, datarantinggi, dan plato di bagian tengah, serta sistem pegunungan Alpendi selatan.

a) Dataran Rendah Utara
Dataran rendah ini merupakan bagian dan kelanjutan dari wilayahdataran rendah utara Eropa yang membentang mulai dari barat dayaPrancis hingga ke Rusia. Dataran rendah yang ada di tenggara Inggrisdan Denmark serta selatan Swedia pun termasuk ke wilayah dataranrendah ini.Di Jerman, dataran rendah ini membentang mulai dari kawasanpantai Laut Baltik, Lembah Ruhr, Rheinland hingga ke perbatasanPolandia. Ciri wilayah ini sebagian besar tanahnya berpasir, sepanjanglaut sebelah utara dan timur terdiri atas tanah liat, di bagian selatannyaterdiri atas tanah loss. Wilayah ini meliputi Seleswig, Neidersachen,hingga Mechlenburg. Pada wilayah ini mengalir pula sungai-sungaibesar, seperti Sungai Rhein dan Sungai Elbe yang mengalir di dataranRuhr. Beberapa kota besar yang terdapat di kawasan ini antara lainBonn, Berlin, Bremen, dan Hamburg.

Keadaan Alam (Fisiografi) jerman


b) Dataran Tinggi Tengah
Dataran tinggi tengah posisinya diapit oleh dataran rendahutara dan Pegunungan Tinggi sistem Alpen di selatan. Wilayah inididominasi oleh dataran tinggi dan perbukitan serta plato-plato kecilyang diselingi beberapa lembah. Kawasan ini merupakan penghasilbatu bara yang penting di daratan Eropa dan mendorong terjadinyarevolusi industri, mengubah kota-kota kecil di kawasan ini menjadikota-kota besar metropolitan. Wilayah ini meliputi NurthrineWestvalen, Hessen, Thuringen, dan Sachen. Di daerah ini terdapatplato terkenal yaitu batu tulis yang tererosi dan dilalui oleh SungaiRhein. Sungai Rhein merupakan prasarana transportasi terpentingyang berfungsi sebagai jalur pelayaran untuk mengangkut hasil-hasilpertambangan dan industri dari wilayah ini. Beberapa pegununganyang terdapat di wilayah ini, antara lain Pegunungan Scwarzwald,Odenwald, Vogelsberg, Eifel, dan Rhon.

Dataran Tinggi Tengah jerman


c) Sistem Pegunungan Alpen
Sistem Pegunungan Alpen sesungguhnya tidak hanya Gunung Alpentetapi meliputi rangkaian pegunungan besar yang membentang mulaidari Pegunungan Pirenia diantara Spanyol dan Prancis. PegununganDinarik di kawasan Balkan, dan Pegunungan Karpatia di Eropa Timurbahkan termasuk pula kelanjutannya Pegunungan Atlas di AfrikaUtara dan pegunungan yang ada di Turki Asia. Pegunungan ini cukupbertopografi kasar, tetapi tidak menjadi kendala bagi kelancarankomunikasi dan transportasi perdagangan antarnegara. KawasanSistem Pegunungan Alpen membatasi wilayah selatan Jerman. KawasanSistem Pegunungan Alpen di Jerman meliputi pegunungan Harz, Yura,Ardenes dan Thuringen. Puncak tertingginya adalah gunung Feldberg(1.493 m dpl) dan Zugspitze (2.963 m dpl).

Mengamati peta iklim Jerman dalam Peta Daerah Iklim Eropatermasuk ke dalam wilayah iklim kontinen basah. Iklim ini ditandaioleh musim winter yang dingin dan summer cukup hangat ataurelatif lebih panas jika dibandingkan dengan negara-negara dikawasan pantai barat Eropa, curah hujan rata-rata relatif lebih keciljika dibandingkan dengan kawasan pantai barat. Namun, hujanterbanyak justru jatuh pada musim summer. Karakteristik iklimdemikian sangat mungkin jika dibanding kan dengan Inggris ataunegara-negara yang berada pada wilayah pantai Barat Eropa sepertiPrancis Utara, Belgia, Belanda, musim winter–nya relatif nyamanartinya tidak terlalu dingin karena dipengaruhi oleh arus laut panas(Gulf stream). 

Oleh karena posisi Jerman agak ke dalam di daratanEropa maka pengaruh tersebut kurang terasa, justru pengaruhdaratannya yang lebih dominan. Hal tersebut ditunjukkan olehmusim summer–nya yang relatif lebih panas dan musim winter–nyayang dingin. Kondisi tersebut akan lebih ekstrem lagi pada negaranegarayang wilayahnya semakin ke pedalaman daratan. Kondisipaling ekstremnya dimiliki oleh Rusia yang posisinya berada lebihke dalam dari daratan Eropa. Untuk memperoleh gambaran yanglebih jelas dapat diamati dari peta sebaran iklim di Eropa berikut.

istem Pegunungan Alpen






Sekian mengenai Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Jerman, semoga bermanfaat.

0 Response to "Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Jerman"

Poskan Komentar