Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Cina


Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Cina




Letak dan Luas
Secara astronomis wilayah Cina terletak diantara 18º LU - 54ºLU dan 73º BT - 135º BT. Secara geografis terletak di bagian timur Benua Asia menghadap ke Samudra Pasifik. Luas wilayah Cina mencapai ± 9.596.961 km² (hampir lima kali luas Indonesia dengan luas 1.919.317 km²). Di dunia menempati urutan terluas keempat setelah Rusia, Kanada dan Amerika Serikat. Untuk lebih jelas memperoleh gambaran tentang lokasi dan situasi Cina, amati peta berikut.

Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Cina






Keadaan Alam (Fisiografi dan Iklim)
Sekalipun wilayah Cina luas, tetapi sebagian besar merupakan
pegunungan, perbukitan dan plato. Hanya kira-kira 12% saja wilayah dataran rendahnya. Arah memanjang pegunungan dan sungai cenderung barat - timur sehingga membagi Cina menjadi tiga wilayah geografis yang berbeda. Di bagian barat terdapat dataran tinggi Tibet, sedangkan di sebelah utara terdapat wilayah Sinkiang- Mongolia. Kedua wilayah ini sebagian besar merupakan pegunungan tinggi dan gurun pasir seperti gurun Gobi di Mongolia, dan plato berumput subur. 

Luas kedua wilayah ini mencakup hampir separuh luas wilayah Cina, tetapi hanya dihuni oleh 5% saja dari penduduk Cina secara keseluruhan. Wilayah utama ketiga adalah bagian Timur sepanjang kawasan Laut Pasifik, yang dihuni oleh 95% penduduk Cina. Dari ketiga wilayah tersebut maka wilayah Timur merupakan wilayah terpenting. Disamping karena lahannya yang subur sebagai lahan pertanian dan merupakan konsentrasi penduduk, wilayah ini merupakan pusat semua industri penting di Cina.

Tiga sungai besar Cina mengalir melalui wilayah ini, yaitu sungai Yangtze atau Chang Kiang (terpanjang di Cina mencapai 5.520 km), Sungai Hwang Ho (Sungai Kuning), dan aliran Sungai Si Kiang yang mengalir melalui Cina Timur.
Secara rinci kondisi alam Cina dapat dibedakan ke dalam empat wilayah utama yaitu sebagai berikut.
a) Lembah-lembah sungai besar dan dataran tinggi Cina sebelah Timur (Dataran Tinggi Manchuria).
b) Plato dan Pegunungan Tinggi Tibet.
c) Basin-basin atau cekungan Gurun Sinkiang.
d) Stepa Plato Mongolia.

Keadaan Alam (Fisiografi dan Iklim)


Iklim di Cina sangat beragam. Hal tersebut diakibatkan karena memiliki wilayah yang sangat luas dan ciri fisik yang sangat beragam pula. Pada musim dingin udara kering dan dingin berhembus dari arah plato barat laut. Pada musim panas, udara yang basah dan hangat berhembus dari arah tenggara ke pedalaman daratan. Musim dingin berlangsung lebih lama dari pada musim panasnya. Namun, selama musim panas terjadi angin yang merusak, seperti angin Taifun yang membawa curah hujan lebat. Hal tersebut sering mengakibatkan kerusakan hebat setiap tahunnya di daerah-daerah pantai yang didatanginya.

Keadaan Alam (Fisiografi dan Iklim) 1






Sekian mengenai Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Cina, semoga bermanfaat.

0 Response to "Letak Luas dan Keadaan Alam Negara Cina"

Posting Komentar