Pola dan Bentuk Objek Geografi Sesuai Bentang Alam

Pola dan Bentuk Objek Geografi Sesuai Bentang Alam - Objek geografi dalam peta memiliki pola dan bentuk tertentu. Berikut ini beberapa penafsiran/interpretasi peta.



Interpretasi fisis

a. Relief
Apabila dalampeta tergambar puncak-puncak pegunungan yang saling berdekatan dengan ketinggian yang seragam, dapat diperkirakan daerah tersebut bekas dasar laut yang terangkat ke atas kemudian mengalami erosi lanjut.

b. Hidrografi
1) Pola aliran sungai yang lurusmenunjukkan daerah tersebutmerupakan daerah yang tinggi dan miring. Daerah semacam itu mempunyai gradient sungai yang cukup besar, banyak jeramdan lembah sungaimasih berbentuk V.
2) Pola aliran sungai yang banyak belokannya menunjukkan bahwa daerahnya datar, gradient kecil, dan banyak terjadi erosi ke samping (lateral).
3) Pola aliran sungaimeander menunjukkan daerahnya sudahmerupakan daerah yang benar-benar datar, endapan sungai di kiri kanan sungai cukup banyak, baik untuk pertanian tetapi bahaya banjir besar.
4) Frekuensi sungai yang cukup padat dan berair menunjukkan daerah tersebut beriklimbasah, banyak hujan.
5) Pola aliran sungai yang tiba-tiba menghilang padahal daerah tersebut beriklim basah menunjukkan daerah karst.
6) Sungai meander yang gradientnya kecil tetapi berlereng curam menunjukkan bahwa daerah tersebut mula-mula suatu dataran rata, dan di atasnya mengalir sungai yang berpola meander, tetapi daerah tersebut kemudian mengalami pengangkatan (uplift) tetapi meander tersebut dapat mengimbangi pengangkatan, sehingga tersebut lerenglereng pada tepi sungai yang cukup curam.


Pola dan Bentuk Objek Geografi Sesuai Bentang Alam



Interpretasi manusia
Interpretasi manusia antara lain dengan memperhatikan pola distribusi penduduk. Pola distribusi penduduk dapatmemberikan petunjuk tentang keadaan relief suatu daerah, keadaan transportasi, dan tata air suatu tempat.
a. Pola persebaran scattered atau tersebar merata menunjukkan relief daerah tersebut datar, tanah subur, dan transportasi mudah.
b. Pola persebaran dotted atau sporadis menunjukkan daerahnyamerupakan daerah yang sulit, tidak ada air bersih, transportasi belum ada, daerah kapur, relief kasar.
c. Pola persebaran penduduk elongated atau memanjang, menunjukkan daerah itu daerah yang dilalui jalur transportasi atau daerah aliran sungai, sehingga merupakan daerah yang subur, dengan tingkat kemakmuran yang cukup baik.
d. Pola persebaran penduduk yang radial ataumenjari,menunjukkan bahwa daerah ini merupakan bekas vulkan atau pegunungan, sehingga sifat tanahnya dapat menguntungkan bagi usaha pertanian.
e. Pola persebaran penduduk yang menunjukkan ketidakteraturan seperti jala penangkap ikan, menunjukkan daerah tersebut bekas delta sungai besar, sehingga merupakan daerah pertanian yang sangat subur.
f. Penduduk secara alami selalu hidup dekat air, karena merupakan sumber kehidupan, dapat ditafsirkan bahwa pada pemusatan-pemusatan penduduk pasti ada air.
g. Daerah-daerah yang tergambar dengan pemusatan-pemusatan penduduk selalu dapat ditafsirkan bahwa daerah semacam itu merupakan daerah yang:
1) persediaan air cukup
2) relief tidak menyulitkan
3) transportasi mudah
4) tanahnya subur.


Sekian mengenai Pola dan Bentuk Objek Geografi Sesuai Bentang Alam, semoga ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

0 Response to "Pola dan Bentuk Objek Geografi Sesuai Bentang Alam"

Poskan Komentar