Sumber Daya Alam Asia Tenggara

Sumber Daya Alam Asia Tenggara - Asia Tenggara mempunyai berbagai sumber daya alam yang berupa: letaknya yang strategis, bahan tambang, hutan, laut, dan tanah.


Letak Strategis
Asia Tenggara memiliki letak yang strategis karena diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Pasifik di sebelah utara dan timur dan Samudra Hindia di sebelah selatan dan barat. Pelayaran antara dua samudra tersebut harus melewati selat-selat, yaitu Selat Malaka, Selat Sunda, Selat Bali, dan Selat Lombok sehingga dapatmenambahmasukan negaranegara yang dilaluinya.

Selain itu pulau-pulau di Asia Tenggara juga menjadi penghubung negara-negara di Timur Tengah. Afrika, danAsia Selatan dengan negaranegara Asia Timur, Australia, dan Selandia Baru, sehingga daerah ini dapat digunakan sebagai tempat transit seperti Singapura.

Sumber Daya Alam Asia Tenggara



Hutan
Hutan tersebar di hampir semua negara di Asia Tenggara, kecuali Singapura. Fungsi hutan Asia Tenggara sebagai paru-paru dunia sangat diperhatikan komunitas dunia sehingga ketika terjadi kebakaran hutan maka seluruh dunia ikut memperhatikan dan memberi bantuannya. Hutan juga berfungsi sebagai penyimpan (reservoir).


Laut
Laut-laut yang ada di wilayah Asia Tenggara seperti Laut Jawa, Laut Timur, LautArafura, Laut Sulawesi, dan Laut Natunamempunyai potensi sumber daya alam sebagai:
1) Sumber air hujan utama bagi beberapa negara melalui proses penguapan dan gerakan angin muson.
2) Sumber bahan tambang di dasar laut berupa minyak bumi, gas, dan bauksit.
3) Sumber bahan baku pembuatan garam.
4) Prasarana transportasi yang relatif murah.


Tanah
Asia Tenggara mempunyai berbagai jenis tanah, mulai yang sangat subur karena berbahan baku batuan vulkanik yang berasal dari gunung berapi dan tanah yang kurang subur karena berbahan baku kapur atau gambut. Tanah-tanah subur tersebar di negara-negara Asia Tenggara (Myanmar, Thailand, Vietnam, Pulau Sumatra dan Pulau Jawa di Indonesia) yang menjadi penghasil beras yang cukup besar di dunia.


Bahan tambang
Negara-negara diAsia Tenggara mempunyai potensi besar di bidang tambang. Malaysia dan Indonesia adalah penghasil bauksit dan timah yang cukup besar di dunia. Indonesia bersama Brunei Darussalam merupakan penghasil minyak dan gas bumi yang cukup penting pula.



Sekian mengenai Sumber Daya Alam Asia Tenggara dari Geografisku, semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Sumber Daya Alam Asia Tenggara"

Poskan Komentar