Cara Membuat Diagram dan Penampang Melintang Bentuk Muka Bumi

Cara Membuat Diagram dan Penampang Melintang Bentuk Muka Bumi (Profil) - Kalau kita mengamati sebuah peta dari peta umum, akan terlihat jelas perbedaan warna di di beberapa tempat pada peta tersebut. Namun untuk memperjelas kenampakan apa yang tergambar perlu kiranya membuat penampang melintang dari peta tersebut.


Pengertian Profil
Profil adalah penampang melintang bentuk muka bumi. Profil merupakan penampang permukaan bumi apabila dipotong secara tegak lurus oleh bidang tegak. Dengan profil, secara visual diperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai relief suatu permukaan bumi. Dengan profil, kita dapat segera mengetahui apakah bentukmuka bumi tersebut berupa dataran tinggi, dataran rendah, bukit, lembah, lereng curam, lereng landai, atau yang lain.


Jenis Profil
Ada dua macamprofil, yaitu profil topografi dan profil geologi. Penggambaran profil geologi ada dua macam, yaitu tanpa memperhatikan relief muka bumi dan dengan memperhatikan relief muka bumi.


Tahapan Pembuatan Profil pada Peta Berwarna
Kita dapat menggambar penampang melintang bentuk muka bumi dari peta topografi, baik dari peta berwarna atau peta kontur.

Langkah untuk membuat diagram melintang dari peta berwarna adalah sebagai berikut:
a. Siapkan peta berwarna yang akan digambar diagram dan penampang melintangnya.
b. Perhatikan simbol warna yang digunakan, setiap warna menyimbulkan ketinggian tertentu. Untuk mengetahui hal ini lihatlah dalam legenda. Sebagai contoh warna hijau mewakili ketinggian 0 – 200 meter, hijau muda 200 – 400 meter. Kuning 400 – 1.000 meter dan cokelat antara 1.000 hingga 1500 meter. Sedangkan kedalaman laut diwakili warna birumuda untuk 0 – 200 meter, biru untuk kedalaman 200 – 3.000 meter, sedangkan biru tua kedalamannya lebih dari 3.000 meter.
c. Siapkan kertas milimeter untuk menentukan ketinggian maksimum dan kedalaman maksimum. Dalam kertas milimeter sudah kita buat garis dasar yaitu 0meter yang mewakili garis permukaan laut, garis atas dengan ketinggian masing-masing sesuai dengan simbol warna yang digunakan.
d. Setelah itu kita susun peta yang akan dibuat penampangnya, kita tarik garis di mana akan digambar penampang tersebut, dengan kertas milimeter dibawahnya, yang sudah kita tentukan garis ketinggian daratan dan kedalaman lainnya.
e. Tandai titik-titik di peta tersebut yang mempunyai perbedaan warna.
f. Pindahkan titik-titik itu ke kertas milimeter yang sudah kita susun di bawahnya, sesuai dengan garis-garis ketinggiannya.
g. Hubungkan titik-titik pada kertas milimeter tersebut dan kita akan dapatkan diagram melintang dari suatu peta.

Sebagai contoh ambillah atlas dan bukalah peta Aceh. Kamu akan dapatkan peta seperti di bawah ini! Misalnya kita akan menggambar diagram melintang wilayah yang dilalui oleh garis lintang 4o30’. Dengan prosedur seperti di atas, kita dapat memperoleh hasil sebagai berikut:

Tahapan Pembuatan Profil pada Peta Berwarna




Tahapan Pembuatan Profil pada Peta Kontur
Selain dari peta berwarna, kita dapat menggambar penampang melintang dari suatu peta kontur. Peta kontur adalah peta yangmenggambarkan ketinggian atau kedalaman suatu wilayah yang menggunakan simbol garis yang menghubungkan harga atau nilai yang sama (isoline) dari suatu objek di permukaan bumi. Garis tersebut disebut dengan garis kontur.

Garis kontur harus merupakan kurva tertutup yang menunjukkan nilai ketinggian yang sama. Setiap garis memiliki interval. Contoh peta yang menggunakan garis kontur adalah peta topografi. Peta topografi yang menggunakan garis kontur biasanya disebut peta kontur.

Dalam pemetaan laut, garis kontur menghubungkan titik-titik dengan kedalaman yang sama. Garis ini disebut isobath. Peta kontur yang menggambarkan kedalaman laut disebut peta bathymetri.

Langkah-langkah yang dilakukan untukmenggambar profil topografi dengan peta kontur adalah:
1. Siapkan terlebih dahulu peta kontur.
2. Pilihlah daerah mana yang akan dibuat penampangnya.
3. Buatlah garis profil yang memotong peta kontur menurut daerah yang ditentukan.
4. Gambarlah garis dasar (base line) dan garis tegak (vertical line) pada
kertas yang akan digunakan untuk menggambar profil.
5. Pindahkan titik-titik potong antara garis profil dengan peta kontur pada garis dasar.
6. Ukurlah pada garis tegak, ketinggian yang terendah sampai ketinggian yang paling tinggi untuk daerah tersebut. Ketinggian terendah pada perpotongan garis tegak dan garis dasar.
7. Titik-titik potong antara garis profil dan kontur diproyeksikan ke bawah pada garis dasar.
8. Dari titik-titik tinggi pada garis tegak buatlah garis-garis horizontal sejajar dengan garis dasar.
9. Terjadi perpotongan antara garis-garis horizontal dan garis-garis vertikal.
10. Titik-titik perpotongan tersebut hubungkan satu sama lain sehingga terbentuklah profil tersebut.



Berikut ini contoh penampang dari peta kontur.

Tahapan Pembuatan Profil pada Peta Kontur


Sekian mengenai Cara Membuat Diagram dan Penampang Melintang Bentuk Muka Bumi (Profil), semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Diagram dan Penampang Melintang Bentuk Muka Bumi"

Poskan Komentar