Keadaan Penduduk dan Perekonomian Negara Cina


Keadaan Penduduk dan Perekonomian Negara Cina





Keadaan Penduduk
Sebaran penduduk Cina yang besar sangat tidak merata. Penduduk terkonsentrasi di wilayah pantai Timur Cina. Mata pencarian utama adalah pertanian. Lahan pertanian yang subur dan iklim yang baik sangat menentukan tingkat kepadatan penduduk di setiap daerah.

Sebaran daerah yang paling padat meliputi wilayah Cina bagian Timur, Manchuria, dataran rendah Cina Utara, lembah bawah dan tengah Sungai Yangtze, serta bagian tenggara pantai timur provinsi Kiangsu. Daerah-daerah tersebut umumnya memiliki kepadatan penduduk melebihi 1000 jiwa per km². Sebaliknya di kawasan Mongolia hanya berpenduduk 12 jiwa per km² dan di Tibet hanya 1 orang per km². Mayoritas penduduk Cina bertempat tinggal di desa-desa dan hanya sekitar 20% tinggal di kota-kota baik kota kecil maupun kota besar. Di dalam menanggulangi pertambahan penduduk yang semakin besar, dilakukan berbagai upaya pemerintah untuk menanggulangi masalah kependudukan antara lain melalui program satu keluarga satu anak.


Sebelumnya mengenai Keadaan Alam Cina mungkin dapat membantu


Etnik Cina relatif homogen, namun secara spesifik dapat dibagi menjadi etnik Han (93%) dan beberapa etnik lainnya terdiri atas Tibet, Kazakh, Mongol, dan Uighur. Sebagian besar penduduk Cina mengaut agama Kong Hu Cu, Buddha, dan Tao. Di provinsi Xiang terdapat suku Uighur yang menganut agama Islam. Penduduk beragama Islam di Cina mencapai 5% dari keseluruhan jumlah penduduk Republik Rakyat Cina.

Keadaan Penduduk dan Perekonomian Negara Cina






Perekonomian
Seperti halnya dengan sebagian besar negara-negara berkembang di kawasan Asia, Cina merupakan salah satu negara yang cukup mengandalkan sektor pertanian dalam menopang kegiatan ekonomi penduduknya. 

Beberapa sektor perekonomian penting di Cina antara lain sebagai berikut.
a) Pertanian
Hasil terpenting dari sektor pertanian dan komoditas pertanian antara lain beras, gandum, kapas dan ubi. Wilayah penting penghasil produk tersebut adalah Cina utara (Mongolia) dan daerah Manchuria yang menghasilkan gandum yang ditanam musim semi. Cina Selatan terutama daerah Szechwan, selatan Yangtze, dan Cina barat laut merupakan daerah penghasil padi. Sedangkan gandum di selatan di daerah Yangtze dan di daerah perbukitan selatan Yangtze.
b) Pertambangan, Industri, dan Perdagangan Barang tambang yang dihasilkan adalah batu bara (utara sungai Yangtze, Fooshin, Kailan, Huainan, Jixi, Hegang, dan Datong), bijih besi, mangan, timah, merkuri (air raksa), timah hitam, seng, dan minyak bumi (ditambang di Jongaria, lembah Tsaidam, Karidor Gansu, lembah Szecwan, dan Tacheng).

Industri Cina menghasilkan tekstil, semen, pupuk, alat-alat pertanian, lokomotif kapal, traktor dan mobil truk. Kawasan industrinya terpusat di daerah pantai yang meliputi Kota Shanghai, Beijing, Tianjin, dan Shen Yang. Cina merupakan salah satu Negara industri besi baja terbesar di dunia. Perdagangan di Cina dilakukan melalui impor yaitu barangbarang seperti mesin, logam, kapas, dan biji-bijian. Adapun barang ekspor utamanya antara lain tekstil, kendaraan bermotor, teh, buahbuahan, sayuran, dan minyak bumi. Negara mitra dagang terdekat Cina di antaranya adalah Amerika Serikat, Jepang, Jerman, dan Singapura.





Sekian mengenai Keadaan Penduduk dan Perekonomian Negara Cina, semoga bermanfaat.

0 Response to "Keadaan Penduduk dan Perekonomian Negara Cina"

Poskan Komentar