Pengertian Negara Maju dan Berkembang

Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang – adalah Region atau wilayah merupakan bagian dari suatu wilayah yang luas berupa kawasan atau wilayah di permukaan bumi. Bentuk dari wilayah yang terdapat di sekitar manusia antara lain wilayah perdesaan, perkotaan, dan dalam lingkup yang lebih luas yaitu negara. Negara adalah suatu kawasan dalam wilayah yang luas dengan struktur dan organisasi pemerintahan tersendiri terdiri atas kumpulan dari individu yang saling berinteraksi satu sama lainnya, membentuk suatu sistem wilayah.

Apa yang terbayang dalam benak Anda mengenai negara maju dan berkembang? Apakah yang dimaksud dengan negara maju? Lalu, seperti apakah negara berkembang? Secara sepintas mungkin terbayang dalam benak dan pikiran Anda bahwa negara maju adalah suatu wilayah yang terdapat di permukaan bumi dengan segala kemajuan dan teknologinya yang canggih. Penduduknya memiliki taraf kesejahteraan kehidupan yang jauh lebih baik. Kondisi perekonomian relatif stabil, dan tingkat pembangunan sarana dan prasarana kehidupan yang jauh lebih cepat. Pandangan tersebut sering ditujukan pada negara-negara adidaya dan adikuasa, salah satunya Amerika Serikat dan negara berteknologi tinggi lainnya. Lalu, apa yang Anda pikirkan tentang negara berkembang?

Pengertian Negara Maju dan NegaraBerkembang


Pandangan kita sering berpendapat bahwa negara berkembang yaitu suatu wilayah dengan taraf kehidupan relatif masih rendah, penguasaan teknologi belum memadai dan bersifat sederhana, Negara miskin, memiliki utang luar negeri cukup banyak, dan terbelakang. Umumnya ditujukan pada negara-negara di Asia dan berkulit hitam. Kemungkinan besar pandangan tersebut juga ditujukan pada Negara kita sendiri. Pendapat demikian tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah. Lalu, bagaimana menentukannya?

Menentukan suatu negara tergolong ke dalam negara maju atau negara berkembang, pada dasarnya cukup sulit. Mengapa demikian? Karena hal tersebut akan sangat bergantung pada ukuran yang digunakan. Dalam kenyataannya, tidak ada satu negara pun yang mutlak dapat dikatakan sebagai negara maju ataupun mutlak dapat dikatakan sebagai negara berkembang. Ukuran yang digunakan adalah tingkat ekonomi dan pengu asaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Negara maju adalah negara yang memiliki tingkat perekonomian dan Iptek yang tinggi, sedangkan negara sedang berkembang memiliki tingkat ekonomi dan iptek yang rendah. Lalu bagaimana dengan kondisi suatu negara yang faktanya kaya tetapi tetapi teknologinya belum canggih atau masih sederhana, apakah dapat dikelompokkan sebagai negara maju? Atau, suatu negara teknologinya canggih tetapi masih miskin?Apakah Negara tersebut layak disebut negara berkembang?

Dapatkah Anda menemukan dan menentukan negara yang memiliki ciri-ciri tersebut? Bagaimana dengan negara tetangga Indonesia, seperti Brunei Darussalam, Singapura, atau negara-negara Arab (Timur Tengah) pengekspor minyak bumi, seperti Kuwait dan Arab Saudi? Bagaimana dengan Rusia atau Meksiko? Selain tingkat ekonomi yang diukur dari pendapatan dan kekayaan suatu negara atau kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologinya, keadaan atau kualitas penduduknya juga dapat dijadikan ukuran.



Sekian materi mengenai Pengertian Negara Maju dan NegaraBerkembang dari Geografisku, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Negara Maju dan Berkembang"

Poskan Komentar