Macam Cabang Cabang Geografi Manusia

Macam Cabang Cabang Geografi Manusia - Adalah Adapun cabang-cabang dari geografi manusia (human geography) mencakup:

1. Geografi Ekonomi (Economic Geography)
Geografi ekonomi mulai diakui sebagai bidang studi tersendiri pada akhir abad ke-19 dan kebangkitannya bertolak dari kolonialisme Eropa (Barnes, 2000 : 267). Para perintisnya memulai dengan menyusun daftar kekayaan sumber daya global yang dapat diperdagangkan dan kondisi-kondisi produksinya (Chisholm, 1889).

2. Geografi Politik (Political Geography)
Dalam sejarahnya, sejak awal terjadinya geografi politik sebagai suatu bangunan pengetahuan yang koheren pada ahir abad ke-19, subdisiplin ini telah mengalami empat fase pengembangan utama, yakni lingkungan, fungsional, analisis wilayah dan pluralistic.

3. Geografi Urban (Urban Geography)
Berkaitan dengan sifat-sifat tata ruang kota-kota kecil dan besar, dan berbagai cara yang mempengaruhiatau yang dipengaruhi oleh proses fisik, demografi, ekonomi, social, budaya dan politik.
a. Pendekatan deskriptif Langsung
b. Pendekatan Analisis Kuantitatif
c. Pendekatan Behavioral
d. Pendekatan Struktural
e. Pendekatan Post-strukturalis


Macam Cabang Cabang Geografi Manusia



4. Geografi Sejarah (Historical Geography)
Ada 4 Pndekatan Geografi Sejarah sbb:
a. Mengenai keadaan geografi masa lalu, terutama perbandingan keadaan geografi suatu daerah secara horizontal dimasa lalu.
b. Perubahan lansekap, terutama tema-tema lansekap yang bersifat vertikal.
c. Masa lalu yang dijelaskan dari keadaan geografinya dimasa sekarang.
d. Sejarah yang bersifat geografis, terutama penyelidikan mengenai pengaruh kondisi-kondisi geografis (keadaan lingkungan dan lokasi) terhadap jalannya sejarah.

5. Geografi Populasi (Population Geography)
Pokok yang dihadapi oleh para ahli geografi populasi dapat diklasifikasikan sbb:
a. Pemetaan kecendrungan kontemporer dalam distribusi populasi serta cirricirinya, seperti: Pola hidup, Usia, pendidikan dll.
b. Populasi, pembangunan dan sumber daya yang meliputi saling mempengarusi dan saling mempengaruhi antara pertumbuhan populasi
c. Pembentukan dan perubahan populasi jangka panjang.
d. Geografi social dari populasi yang tersingkir atau terpinggirkan.

6. Geografi Sosial (Social Geography)
Merupakan sebuah subdisiplin ilmu dari geografi sebagai sebuah subjek yang mengaitkan ilmu-ilmu social dengan ilmu-ilmu alamiah, serta meliputi topic-topik mulai dari tektonik sampai psikoanalisis (Smith:981). Pada ahirnya kajian ini membujuk para ahli geografi untuk mengkaji ketimpangan spasial dalam kesempatan memiliki rumah, kesempatan kerja, keprihatinan meningkatnya kejahatan, dan berbegai isu social lainnya.

7. Sistem Informasi Geografi (Geographical Information System)
Adalah system computer yang terintegrasi digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menambah, memanipulasi, memganalisis dan menampilkan semua bentuk informasi mengenai masalah geografi. Sistem informasi geografis ini memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan pertanyaan intrinsik. Terdapat pula system yang menggunakan vektor (garis arah) tiap feature diuraikan dengan garis-garis arah yang masing-masing serangkaian lokasi yang diberi kode pada table-tabel dalam database.


0 Response to "Macam Cabang Cabang Geografi Manusia"

Posting Komentar