Ramalan Cuaca dan Iklim

Ramalan Cuaca dan Iklim - adalah Cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat dengan cakupan wilayah yang relatif sempit dan waktu yang relatif singkat. Cuaca dapat berubah setiap saat secara cepat. Misalnya, pada pagi hari cuaca cerah, tetapi pada siang hari tiba-tiba hujan lebat. Contoh lain, di wilayah Jakarta cuacanya cerah, tetapi di wilayah Bogor hujan.

Adapun iklim adalah keadaan cuaca rata-rata di suatu daerah dengan cakupan wilayah yang relatif luas dan waktu yang relatif lama. Ilmu yang mempelajari gejala cuaca disebut Meteorologi, sedangkan ilmu yang mempelajari iklim disebut Klimatologi.




Ramalan Cuaca dan Iklim



Cuaca dan iklim memiliki unsur-unsur yang sama, yaitu suhu udara, tekanan udara, angin, kelembapan udara, awan, dan hujan yang akan dijelaskan berikut ini.
Suhu Udara
Suhu udara adalah suatu kondisi atau keadaan panas atau dinginnya udara di permukaan bumi.
Tekanan Udara
Tekanan udara adalah gaya atau tekanan yang terjadi akibat berat atau massa dari udara.
Kelembapan Udara
Kelembapan udara adalah kandungan uap air yang ada dalam udara.
Angin
Angin adalah gerakan udara di permukaan bumi.
Awan
Awan adalah gumpalan uap air yang terdapat di atmosfer.
Hujan
Hujan adalah peristiwa jatuhnya butir-butir air dalam bentuk cair atau padat menuju permukaan bumi.


Ramalan Cuaca
Ramalan cuaca adalah prakiraan cuaca yang terjadi di atmosfer. Caranya dengan memerhatikan perubahanperubahan di udara, kemudian membandingkannya dengan pola-pola cuaca yang sebelumnya. Ramalan cuaca hari ini, besok, lusa, atau bahkan beberapa hari ke depan terkadang tepat. Namun, terkadang ada ketidaktepatan dalam memperkirakannya.

Badan yang berwenang menginformasikan ramalan cuaca adalah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG). Badan Meteorologi dan Geofisika selalu melakukan pencatatan hasil pengukuran unsur-unsur cuaca (suhu udara, tekanan udara, angin, kelembapan udara, dan curah hujan).

Pengukuran tersebut dilakukan di stasiun-stasiun cuaca yang tersebar di seluruh wilayah negara. Data cuaca tersebut dilengkapi dengan hasil rekaman satelit cuaca yang selalu dipantau di stasiun bumi. Kumpulan data cuaca tersebut kemudian dijadikan bahan untuk meramalkan cuaca yang akan terjadi pada hari-hari mendatang, seperti hujan, cuaca cerah, berawan, dan informasi-informasi cuaca lainnya. Hasil ramalan cuaca tersebut sangat bermanfaat dalam kehidupan seharihari, seperti dalam kegiatan penerbangan, pelayaran, industri, dan pertanian. Oleh karena itu, laporan ramalan cuaca selalu disiarkan melalui media massa, seperti radio, televisi, dan surat kabar, serta tidak terbatas di suatu negara saja, tetapi antarnegara.


0 Response to "Ramalan Cuaca dan Iklim"

Posting Komentar