Siklus Hidrologi

Siklus Hidrologi - Adalah Hidrosfer atau lapisan air merupakan bagian fisik bumi yang berguna bagi kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Hidrosfer secara khusus dipelajari pada ilmu yang disebut Hidrologi. Hidrosfer adalah semua bentuk air yang ada di bumi yang berbentuk cair, uap, maupun padat. Komposisi molekul air terdiri atas dua atom hidrogen (H2O) yang bersenyawa dengan satu atom oksigen (O2) dan dikenal dengan rumus kimia H2O.

Air (H2O) mengalami proses perubahan wujud dan tempat. Rangkaian perubahan air, baik mengenai posisi geografisnya maupun mengenai wujud fisiknya disebut daur air atau siklus air. Bagaimana siklus air tersebut terjadi? Perhatikanlah uraian berikut.

Air yang berada di permukaan bumi, yaitu air tanah, danau, sungai, rawa, gletser (lapisan es), dan laut dipanasi oleh sinar matahari. Oleh karena pemanasan tersebut maka air berubah wujud menjadi uap, kemudian ke atas atau tertiup angin melalui lereng pegunungan. Pada tempat-tempat yang lebih tinggi, suhu udara semakin rendah sehingga uap air tersebut akan mengalami proses kondensasi.

Pada tempat-tempat yang tinggi dan beriklim dingin dan sedang pada musim dingin, uap air dapat langsung membeku menjadi salju. Proses ini disebut dengan Sublimasi. Sebagai akibat dari kondensasi tadi, uap air akan berubah menjadi cair dan akhirnya jatuh sebagai hujan.



Sebelumnya mengenai Ramalan Cuaca dan Iklim ini dapat menambah pengetahuan anda


Dalam perjalanannya menuju permukaan bumi, baik sebagian maupun seluruhnya, air hujan yang sampai di permukaan bumi sebagian akan meresap ke dalam lapisan tanah menjadi air tanah, sebagian lagi akan mengalir di permukaan bumi, dan sisanya akan menguap. Air tanah lama-kelamaan akan keluar manjadi mata air dan sungai yang mengalir ke danau atau laut. Setelah itu, akan terjadi lagi pemanasan oleh matahari sehingga proses pengupan akan berulang kembali. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah gambar proses siklus hidrologi berikut ini.

Siklus Hidrologi


Istilah-istilah yang berkaitan dalam proses siklus hidrologi, antara lain sebagai berikut.
1. Evaporasi, yaitu proses penguapan air dari permukaan bumi (danau, laut, dan sungai) secara langsung melalui pemanasan sinar matahari.
2. Transpirasi, yaitu proses penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan.
3. Evapotranspirasi, yaitu gabungan proses penguapan evaporasi dan transpirasi.
4. Intersepsi, yaitu proses penguapan titik-titik air hujan dari ranting dan dedaunan.
5. Infiltrasi, yaitu proses penyerapan air hujan menuju lapisan-lapisan tanah dan menjadi persediaan air tanah dan kawasan reservoir.
6. Air larian permukaan (surface run off), yaitu air hujan yang jatuh ke permukaan bumi dan mengalir di permukaan bumi.


0 Response to "Siklus Hidrologi"

Posting Komentar