Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Inggris

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Inggris - Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara (bahasa Inggris:United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland) atau umumnya dikenal sebagai Inggris, Inggris Raya, atau pula Britania Raya adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Barat di antara Laut Utara dan Samudra Atlantik.


Letak, Batas, Luas Inggris
a) Letak Astronomis
Secara astronomis, Inggris berada di antara 50oLU – 61oLU dan 8oBB – 2oBT.

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Inggris


b) Batas Geografis
Batas negara Inggris adalah sebagai berikut.
Sebelah Utara : Laut Norwegia
Sebelah Timur : Laut Utara
Sebelah Selatan : Selat Inggris
Sebelah Barat : Samudra Atlantik dan Irlandia
c) Luas
Luas Negara Inggris adalah 244.820 km2.


Bentang Alam Inggris
Daerah pegunungan terdapat di Inggris bagian utara dan barat, meliputiwilayahWales dan Scotlandia. Pegunungan diwilayah ini adalah Pegunungan Grampian, Pegunungan Pennine, dan Pegunungan Cumbrian. Puncak tertinggi negara ini adalahGunung BenNevis (1.343 m) yang berada di Skotlandia.

Sebelumnya mengenai Negara Mesir ini mungkin dapat menambah pengetahuan Anda


Iklim Inggris
Inggris beriklimlaut sedang yang sejuk dan basah. Hal ini disebabkan oleh pengaruh angin laut. Daerah pesisir barat lebih sejuk dan basah. Pada daerah yang tinggi di daerah pegunungan dan Irlandia utara, musim dingin terjadi salju yang tipis.


Keadaan Penduduk Inggris
Jumlah penduduk Inggris pada pertengahan tahun 2006 ± 60,5 juta jiwa, dengan tingkat pertumbuhan alami 0,1% per tahun. Penduduk asli Inggris terdiri atas dua kelompok yaitu sebagai berikut:
1) Bangsa Kelt, meliputi orang Skot, Irlandia, danWales.
2) Bangsa Jerman, meliputi orang Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman. Agama yang dianut penduduk Inggris adalahKristenAnglikan (86%), lainnya Islam,Yahudi, danHindu.


Pemerintahan Inggris
Nama asli Inggris adalah The United Kingdom of Greet Britain and Northern Ireland. Bentuk pemerintahannya adalah kerajaan (monarki) konstitusional. Kepala negaranya adalah ratu yang saat ini adalah Ratu Elizabeth II (sejak 1952), sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Inggris terdiri atas empat negara bagian, yaitu Inggris (England),Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.


0 Response to "Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Inggris"

Posting Komentar