Letak Batas Luas Relief Samudera

Letak Batas Luas Relief Samudera di Muka Bumi – Pasifik, Atlantik, Hindia, dan Artik Adalah seperti dibawah ini:


Samudera Pasifik

a. Letak, Batas, dan Luas
1) Letak
Samudra Pasifik membentang dari pantai Barat Benua Amerika Utara dan Amerika Latin hingga pantai Timur Benua Asia (kepulauan Jepang, Filipina, Maluku dan Papua) dan pantai Timur Benua Australia.
2) Batas
Samudra Pasifik berbatasan dengan Laut Bering dan Laut Okhots di bagian utara. Laut Cina Timur, Laut Filipina di bagian barat, Laut Koral dan Laut Tasmania di bagian selatan.
3) Luas
Samudra Pasifikmerupakan samudra terluas dari keempat samudra yang ada di dunia. Kurang lebih luas Samudra Pasifik adalah 165.760.000 km2, lebih luas dari seluruh negara-negara di dunia yang luasnya 134.136.100 km2. Jadi luas samudra Pasifik 1,24 kali luas daratan dunia.

Letak Batas Luas Relief Samudera pasifik


b. Relief
Kedalaman rata-rata Samudra Pasifik adalah 4.282 meter. Bagianbagian yang terdalamdari dasar samudra berupa curukmembentuk huruf V memanjang disebut palung. Hampir semua palung terdalam terletak di samudra Pasifik, mulai dari palung Izu pada posisi 30 Lintang Utara dan 142 Bujur Timur, dalamnya 11.232 m, sampai palung Jepang pada posisi 38 Lintang Utara dan 144 Bujur Timur, dalamnya 8,887 meter. Palung lainnya adalah palung Mariana, Tonga, Kermadec, Kurdil, Philipina, Yapan, New Britain dan palung Bonin.



Samudra Atlantik

a. Letak, Batas, dan Luas
1) Letak
Samudra Atlantik membentang dari pantai barat Benua Eropa dan Benua Afrika hingga pantai timur Benua Amerika Utara dan Benua Amerika Latin. Melalui samudra inilah bangsa-bangsa Eropa pada abad pertengahan melalui ekspedisi menemukan Benua Amerika.
2) Batas
Di bagian utara Samudra Atlantik berbatasan dengan Laut Utara di Inggris, Laut Norwegia di Eslandia dan Laut Labrador dekat
Pulau Hijau (Greenland). Di bagian
barat berbatasan dengan Laut
Karibia di kawasan Karibia.
3) Luas
Samudra Atlantik mempunyai luas 82.439.700 km2 atau kurang lebih separuh luas samudra Pasifik. Kedalaman rata-ratanya 3.350 meter dengan titik terdalam 8.385 meter.

Letak Batas Luas Relief Samudera atlantik


b. Relief
Permukaan dasar Samudra Atlantik terdiri dari palung, lubuk, dan ambang laut. Di perairan Atlantik Utara kita jumpai Lubuk Amerika, Lubuk Guyana, Lubuk Cave Verde, dan Lubuk Canari. Diperairan Atlantik Selatan dapat kita temukanLubuk Brasil, LubukArgentina, Lubuk Cape, dan Lubuk Angola. Palung yang terdapat di dasar Samudra Atlantik adalah Palung Puerto Rivo (8.648 m) dan Palung South Sandwich (8.262 m).



Samudra Hindia

a. Letak, Batas, dan Luas
1) Letak
Samudra Hindia terletak di sebelah utara Antartika, di sebelah selatan Benua Asia, serta di antara Benua Afrika dan Benua Australia.
2) Batas
Batas antara Samudra Hindia dengan Samudera Pasifik adalah SemenanjungMalaka, Kepulauan Indonesia, Australia, dan Tasmania. Batas antara Samudra Hindia dengan Samudra Atlantik berada di Tanjung Harapan.
3) Luas
Samudra Hindiamempunyai luas 73.426.500 km2, dengan kedalaman rata-rata 3.811 meter, sedangkan titik terdalamnya 7,449 meter.

b. Relief
Permukaan dasar Samudra Hindia terdiri dari beberapa kenampakan yang antara lain berupa ambang dan plato dasar laut.Ambang yang terdapat di Samudra Hindia adalah Ambang Hindia Barat daya. Sedangkan plato dasar laut yang berada di wilayah ini adalah Plato Cagos Lakadewa. Plato dasar laut ini menyangga Pulau Maladewa, Pulau Seychelles, Pulau Cagos, Pulau Lakadewa, dan Kepulauan Kerguelen.

Letak Batas Luas Relief Samudera hindia




Samudra Arktik

a. Letak, Batas, dan Luas
1) Letak
Samudra Arktik terletak di sebelah utara Benua Amerika Utara, Benua Asia, dan Benua Eropa.
2) Batas
Batas dari arah barah ke timur berturut-turut Laut Greenland, Laut Norwegia, Laut Barents, Laut Kara, Laut SiberiaTimur, LautChukchu, dan Laut Beaufort (sebelah utara negara bagian Alaska, Amerika Serikat).
3) Luas
Samudra Arktik merupakan samudra tersempit dengan luas 14.089.600 km2, kedalamannya rata-rata 5.441m.

Letak Batas Luas Relief Samudera artik


b. Relief
Di SamudraArktik terdapat beberapa wilayah yang dikenal sebagai perisai, yang tersusun dari batu-batu kristal tertua denganbatuan sedimen muda. Perisai-perisai itu adalah PerisaiKanada, PerisaiBaltik, dan Perisai Siberia Barat. Samudra Arktik suhu permukaannya relatif lebih rendah dibanding samudra-samudra yang lain. Bahkan di bagian utara terdapat bongkahbongkah es abadi. Sungai-sungai besar yangmengalir di perairanArktik adalah Sungai Lena, Sungai Ob, dan Sungai Yenesai di Rusia, Sungai Mackenzie di Kanada, sungai Colville diAlaska.

Inilah mengenain Letak Batas Luas Relief Samudera Pasifik, Atlantik, Hindia, dan Artik. Semoga dapat membantu kalian


0 Response to "Letak Batas Luas Relief Samudera"

Posting Komentar