Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Mesir

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Mesir – Adalah kita bahas dengan materi materi dibawah ini:


Letak, Batas, Luas Mesir
a) Letak Astronomis
Secara astronomis, Mesir berada di antara 22oLU – 31o30’LU dan 25oBT – 36oBT
b) Batas Geografis
Batas negara Mesir adalah sebagai berikut:
Sebelah Utara : Laut Tengah
Sebelah Timur : Laut Merah dan Israel
Sebelah Selatan : Sudan
Sebelah Barat : Libya
c) Luas
Luas Negara Mesir 1,001,449 km2 .


Bentang Alam Mesir
Bentang alamMesir secara garis besar dapat diuraikan sebagai berikut.
a) Daerah Gurun Libya atau Gurun Barat,merupakan bagian dari Gurun
Sahara. Daerah ini merupakan plato tandus yang tingginya ±1.800 m dari permukaan air laut, dan terdapat Depresi Qattara (134 m di bawah permukaan air laut) yang merupakan titik terendah di Mesir.


Sebelumnya mengenai Negara Amerika Serikat ini mungkin dapat menambah pengetahuan Anda.

b) Kawasan sekitar lembah Sungai Nil
Kawasan ini memisahkan gurun barat dan gurun timur dan membentuk jalur sempit sepanjang 1.280 km, dari Sudan ke Laut Tengah.

Di kawasan ini terdapat Danau Nasser yang terbentuk akibat dibangunnya BendunganAswan yang merupakan bendungan terbesar di Mesir. Bendungan lainnya adalah Khartum, Asyut, dan Kairo. Sungai Nil sangat bermanfaat bagi penduduk Mesir, antara lain untuk: irigasi, sumber air minum, sarana lalu lintas pelayaran, serta pembangkit tenaga listrik.

c) Delta Sungai Nil
Delta adalah endapan yang berada di muara sungai, biasanya berbentuk segitiga. Delta Sungai Nil terbentang dari Kairo hingga Laut Tengah sepanjang 160 km dan dari Iskandariyah ke Port Said sepanjang 250 km. Daerah ini sebagai tempat pemusatan penduduk di Mesir.

d) Daerah Gurun Timur atau GurunArab
Daerah ini membentang dari daerah Lembah Sungai Nil hingga laut Merah. Sebagian besar wilayah ini berupa plato yang gersang. Di sepanjang pantai timur Mesir terdapat rangkaian pegunungan sempit dan puncak tertingginya adalah Jabel Shayed (2.175 m).

e) Daerah Semenanjung Sinai
Daerah ini merupakan satu-satunya daerahMesir yang terletak di Benua Asia. Batas sebelah timur adalah Jalur Gaza dan Teluk Aqaba, sedangkan batas sebelah barat adalah Terusan Suez dan Teluk Suez. Di Semenanjung Sinai terdapat gunung yang bernama Jabal Katrinah atau Gunung Khaterina (2.585 m) yang merupakan puncak tertinggi di Mesir.

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Mesir



Iklim Mesir
Mesirmemiliki iklim subtropis kontinental. Padamusim panas udara sangat panas dan kering, sedangkan pada musim dingin udara sangat dingin. Hujan turun padamusim dingin. Daerah yang paling basah berada di dekat Laut Tengah, yaitu Iskandariyah dan Kairo dengan curah hujan 250 mm/tahun. Dari bulan Maret sampaiMei anginKhamsin bertiup melalui Mesir dariGurun Sahara. Khamsinmerupakan angin panas, kering, dan sering bertiup membawa pasir dan debu.


Keadaan Penduduk Mesir
Pada pertengahan tahun 2006 pendudukMesir berjumlah 75,4 juta jiwa dengan tingkat pertumbuhan alami 2.0%, kepadatan penduduknya 72 jiwa/km2. PendudukMesir sebagian besar tinggal di lembah dan delta Sungai Nil, yaitu sebesar 99%. PendudukMesir terdiri atas orang Hamid berkulit putih, orangNubia berkulit hitam, dan orang Arab. Sebagian besar pendudukMesir beragama Islam. Selain itu terdapat penduduk beragama Kristen yang tinggal di kota yang disebut Kopta. Bahasa yang digunakan di Mesir adalah bahasa Arab.


Kebudayaan Mesir
Mesir terkenal dengan peradaban kuno dan beberapa monumen kuno termegah di dunia, misalnya Piramid Giza, Kuil Karnak dan Lembah Raja serta KuilRamses. Di Luxor, sebuah kota diwilayah selatan, terdapat kira-kira artefak kuno yang mencakup sekitar 65% artefak kuno di seluruh dunia. Kini,Mesir diakui secara luas sebagai pusat budaya dan politik utama di wilayah Arab dan Timur Tengah.

Mesir terkenal dengan obyek wisata budaya yang berupa peninggalan-peninggalan kuno yang masih ada sampai saat ini. Peninggalan Mesir Kuno antara lain Piramida (kuburan Raja Mesir), Sphinx (patung singa berkepalamanusia),Obelisk (tugu batu berbentuk segi empat), dan tulisan Hiroglif.

Cukup mengenai Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Mesir, semoga ini bisa mambantu.


0 Response to "Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Mesir"

Posting Komentar