Letak Batas Luas dan Penduduk Vietnam

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Vietnam - Vietnam (Bahasa Vietnam: Viet Nam), bernama resmi Republik Sosialis Vietnam (Cing Hòa Xã Hi Chi Nghia Viet Nam) adalah sebuah negara diAsia Tenggara.



Letak, Batas, Luas Vietnam
1) Letak
Letak astronomi negara Vietnam diantara 8º LU - 22º LU dan antara 104º BT - 108º BT.
2) Batas
Batas Geografis negara Vietnam adalah sebagai berikut:
Sebelah Utara : Republik Rakyat Cina
Sebelah Barat : Laos dan Kamboja
Sebelah Timur : Teluk Tonkin dan Laut Cina Selatan
Sebelah Selatan : Laut Cina Selatan
3) Luas
Luas wilayah negara Vietnam adalah 331.689 Km2.


Letak Batas Luas dan Penduduk Vietnam




Bentang Alam Vietnam
Bentang alam Vietnam adalah sebagai berikut:
1) Di bagian utara bergunung-gunung, yaitu pegunungan TonkinTimur, terletak Gunung Fan Si Pan (3.143 m) yang merupakan puncak tertinggi di Vietnam.
2) Di bagian timur merupakan dataran rendah aluvial, di sebelah utara (timur Hanoi) terdapat Delta Sungai Red (Sungai Merah/Songka) dan di pantai selatan terdapat Delta Sungai Mekong.
3) Di bagian barat, terdapat Pegunungan Annam yang membujur dari utara ke arah tenggara.


Sebelumnya mengenai Letak Luas Batas Brunei ini mungkin dapat membantu



Iklim Vietnam
Iklim di Vietnam secara umum adalah tropis yang dipengaruhi oleh anginmusim sepanjang tahun, kecuali sedikit yang ada di utara beriklim subtropis. Di Vietnam bagian utara bercuaca lembap pada bulan November –April dengan suhu terendah 17oC dan tertinggi 28oC dancurah hujan 183 cm. Di bagian selatan udara lebih lembap dengan curah hujan sekitar 200 cmterjadi pada bulanApril – November. Udara lebih dingin dengan curah hujan rendah pada bulan Desember – Maret.



Keadaan Penduduk Vietnam
PendudukVietnampada tahun 2006 berjumlah 84,2 juta jiwa dengan kepadatan 244 jiwa/km2. Orang-orang Vietnam membentuk kelompok etnis terbesar, dan juga disebut Viet atau Kinh. Etnis yang paling dekat hubungannya dengan orangKinh, kebanyakan ditemukan di dataran tinggi yang meliputi dua pertiga luas keseluruhan negara. Orang Hoa (etnis Tionghoa) dan Khmer Krom kebanyakan tinggal di dataran rendah.

Menurut angka resmi, 86.2% penduduk Vietnam berbahasa Vietnam sebagai bahasa ibu. Bahasa-bahasa tersebut adalah Tay, Muong, Khmer, Chinese, Nung, Hmong. Bahasa Perancis, peninggalan masa kolonial, masih digunakan oleh orang-orang tua Vietnamsebagai bahasa
kedua tetapi telah hilang kepopulerannya. Bahasa Rusia - bahkan yang kurang penting seperti Bahasa Ceko dan Polandia - sering dikenal diantara mereka yang keluarganya terikat dengan blok Soviet. Dalam beberapa tahun terakhir, bahasa Mandarin, Jepang dan Inggris telah menjadi bahasa-bahasa asing paling populer, dengan Bahasa Inggris menjadi sebagai pelajaran wajib di kebanyakan sekolah.

Buddha Mahayana, Taoisme dan Konfusianisme mempunyai pengaruh kuat terhadap kehidupan berbudaya dan beragama masyarakat Vietnam. Menurut sensus tahun 1999, 80.8% orang Vietnam tidak beragama. Cukup banyak penganut Katolik Roma dan Protestan dikalangan komunitas CaoDai dan HoaHao. Gereja Protestan terbesar adalah Evangelical Church of Vietnam dan Montagnard Evangelical Church. Keanggotaan Islam Bashi dan Sunni biasanya diakreditasikan kepada etnis minoritas Cham, tetapi ada juga pengikut Islam lainnya di bagian Barat Daya Vietnam. Pemerintah Vietnam telah dikritik atas kekerasan beragama



Sekian mengenai Letak Batas Luas dan Penduduk Vietnam, semoga dapat membantu

0 Response to "Letak Batas Luas dan Penduduk Vietnam"

Poskan Komentar