Letak, Batas, Luas dan Penduduk Laos

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Laos - Republik Demokratik Rakyat Laos adalah negara yang terkurung daratan di Asia Tenggara. Dari abad ke-14 hingga abad ke-18, negara ini disebut Lan Xang atau “Negeri Seribu Gajah”.



Letak, Batas, Luas Laos
1) Letak
Letak astronomi negara Laos diantara 13º30’ LU - 23º LU dan antara 100º BT - 107º BT.
2) Batas
Batas Geografis negara Laos adalah sebagai berikut:
Sebelah Utara : Cina
Sebelah Barat : Thailand
Sebelah Timur : Vietnam
Sebelah Selatan : Kamboja
3) Luas
Luas wilayah negara Laos adalah 236.800 Km2.

Letak, Batas, Luas dan Penduduk Laos




Bentang Alam Laos
Laos memiliki barisan pegunungan lipatan yangmembujur dari utara ke selatan, yaitu lereng barat PegununganAnnamyangmerupakan batas sebelah timur dengan negara Vietnam. Puncak tertinggi di Laos adalah Gunung Phou Bia (2.820 m). Daerah yang datar terdapat di Plato Ziang Khouang. Di bagian barat yang berbatasan dengan negara Thailand terdapat lembah Sungai Mekong. Lembah Sungai Mekong menjadi pemusatan penduduk Laos karena tanahnya sangat subur dan cocok untuk areal pertanian.


Sebelumnya mengenai Letak Batas dan Penduduk Vietnam ini mungkin dapat membantu



Iklim Laos
Laos beriklim tropis dan memiliki tiga musim, yaitu musim hujan yang panas (Juni – Oktober), musim kemarau yang sejuk (November – Februari), dan musim pancaroba yang kering dan panas (Maret – Mei).



Keadaan Penduduk Laos
Jumlah penduduk Laos pada tahun 2006 mencapai 6,1 juta jiwa dengan kepadatan 26 jiwa/km2. Penduduk Laos terdiri atas beberapa suku bangsa, diantaranya Suku lao, Suku Meo dan Yao yang berada di pegunungan, suku Kha, dan suku pebukitan. Bahasa resmi negara laos adalah bahasa Lao. Di samping itu ada beberapa bahasa yang dipergunakan untuk percakapan sehari-hari, yaitu bahasa Inggris, Perancis dan Thai.

Agama Theravada telah banyak mempengaruhi kebudayaan Laos. Pengaruhnya dapat terlihat pada bahasa, seni, sastra, Seni tari, dll.



Sekian mengenai Letak, Batas, Luas dan Penduduk Laos, semoga ini dapat bermanfaat

0 Response to "Letak, Batas, Luas dan Penduduk Laos"

Posting Komentar