Letak, Batas, Luas dan Penduduk Brunei Darussalam

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Brunei Darussalam – Mari langsung saja kita bahas dengan bahan materi dibawah ini.



Letak, Batas, Luas Brunei Darussalam
1) Letak
Letak astronomis negara Brunei Darussalam di antara 4º2’ LU - 5º3’ LU dan 114º5’ BT – 115º22’ BT 
2) Batas
Batas Geografis negara Brunei Darussalam adalah sebagai berikut:
Sebelah utara : Laut Cina Selatan
Sebelah barat :Malaysia Timur
Sebelah timur :Malaysia Timur
Sebelah selatan :Malaysia Timur
3) Luas
Luas wilayah negara Brunei Darussalam adalah 5.765 Km2.


Letak, Batas, Luas dan Penduduk Brunei Darussalam




Bentang Alam Brunei Darussalam
Wilayah Brunei terbagi menjadi dua, yaitu wilayah bagian barat (Brunei, Tutong, dan Belait) dan wilayah bagian timur (Temburong) diselingi daerah Serawak dengan Sungai Butong Limbang.

Sebagian besar wilayah Brunei berupa dataran dan daerah pantai berawa. Semakin ke pedalaman, wilayah Brunei berbukit-bukit semakin tinggi. Brunei bagian timur lebih tinggi daripada bagian barat. Puncak tertinggi adalah Bukit Pagon (1.850 m) yang berada di wilayah Temburong.

Di bagian barat mengalir tiga sungai, yaitu Sungai Tutong, Sungai Brunei, dan Sungai Belait (sungai terpanjang). Di bagian timurmengalir Sungai Temburong dan anak-anak sungainya.



Iklim Brunei Darussalam
Iklim diBruneiDarussalamadalah tropis yang lembap.Musimhujan jatuh pada bulan Mei – Desember, sedangkan musim kemarau jatuh pada bulan Januari –April.



Kependudukan Brunei Darussalam
Penduduk Brunei Darussalam pada tahun 2006 berjumlah 0,4 juta jiwa dengan kepadatan 69 jiwa/km2. Kira-kira dua pertiga jumlah penduduk Brunei adalah orangMelayu. Kelompok etnik minoritas yang paling penting dan yang menguasai ekonomi negara ialah orang Cina yang (15%) jumlah penduduknya. Etnis-etnis ini juga menggambarkan bahasa-bahasa yang paling penting: bahasa Melayu yang merupakan bahasa resmi, serta bahasa Cina. Bahasa Inggris juga dituturkan secara meluas, dan terdapat sebuah komunitas ekspatriat yang agak besar dengan sejumlah besar warga negara Britania danAustralia.

Islamialah agama resmi Brunei, dan Sultan Brunei merupakan kepala agama negara itu. Agama-agama lain yang dianut termasuk agama Buddha (terutamanya oleh orangTiong Hoa), agama Kristen, serta agama-agama orang asli (dalam komunitas-komunitas yang
amat kecil).


Sekian mengenai Letak, Batas, Luas dan Penduduk Brunei Darussalam, semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Letak, Batas, Luas dan Penduduk Brunei Darussalam"

Poskan Komentar