Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Filipina

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Filipina – Adalah Republik Filipina (biasa disebut Filipina atau Pilipina saja) adalah sebuah negara di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan. Negara ini terdiri dari 7.107 pulau.


Letak, Batas, Luas Filipina
1) Letak
Letak astronomi negara Filipina diantara 5º20’ LU - 21º LU dan antara 117º BT - 126º BT

2) Batas
Batas Geografis negara Filipina adalah sebagai berikut:
Sebelah Utara : Laut Filipina
Sebelah Barat : Laut Cina Selatan
Sebelah Timur : Laut Filipina dan Samudera Pasifik
Sebelah Selatan : Laut Sulu dan Laut Sulawesi

3) Luas
Luas wilayah negara Filipina adalah 300.000 Km2.


Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Filipina



Sebelumnya mengenai Letak Batas Luas Iklim Bentang Alam Thailand, ini mungkin bisa membantu.


Bentang Alam Filipina
Filipina merupakan negara kepulauan, yang terdiri atas ± 7.000 buah pulau besar dan kecil. Pulau yang terbesar ialah Luzon disusul kemudianMindanao.

Pulau-pulau di Filipina dapat dikelompokkanmenjadi tiga, yaitu sebagai beriku:
1) Kelompok Pulau Luzon di utara yang meliputi Pulau Luzon dan Mindoro.
2) Kelompok Pulau Palawan dan PulauVisayan di tengah dengan pulaupulau besar lainnya seperti Pulau Panay, Samar, Negros, Cebu, Bohol, dan Leyte.
3) Kelompok PulauMindanao di selatan meliputi PulauMindanao dan Kepulauan Sulu.  Wilayah Filipina dilalui oleh Pegunungan Sirkum Pasifik sehingga Gunung api yang masih aktif antara lain Gunung Apo (2.954 m) di Pulau Mindanau yang merupakan puncak tertinggi di Filipina, Gunung Pulog (2.929m), Gunung Pinnatubo (1.759m), danGunungMayon (2.525 m) di Pulau Luzon. Filipina memiliki dataran rendah yang sempit yang berada di sekitar pantai. Dataran rendah terluas berada di Pulau Luzon. Di sebelah timur Filipina terdapat palung laut yang sangat dalam, yaitu PalungMindanau (10.830 m)


Iklim Filipina
Filipina beriklim musim tropis. Pada bulan November –Maret Filipina bagian timur mengalami musim penghujan yang dibawa oleh anginmusim timur laut. Bulan Juni – Oktober musim kemarau, akibat angin musim barat daya. Badai tropis sering bertiup antara akhir September dan awal November yang bertiup dari Samudra Pasifikmenuju Laut Cina Selatan, melanda Filipina bagian utara.


Keadaan Penduduk Filipina
Filipina berada di urutan ke-12 di dunia dalamjumlah penduduk dengan jumlah 86,3 juta jiwa pada tahun 2006. Sekitar dua per tiga penduduk tinggal di Pulau Luzon danManila. Orang-orang Filipina dikenal dengan nama Filipino yang berasal dari orang aborigin Taiwan dan bercampur dengan orang-orang Tiongkok Selatan, Polinesia, dan Spanyol/Amerika. Tiga kelompok minoritas terbesar asing adalah orang Tionghoa, Amerika, dan Asia Selatan. Sisanya adalah orang-orang Eropa, Arab, Indonesia, Korea, dan Jepang.

Bahasa Nasional Filipina adalah bahasa Tagalog, di samping itu ada beberapa bahasa yang dipakai sebagai percakapan sehari-hari antara lain bahasa Spanyol dan Inggris. Agama yang paling banyak dianut penduduk Filipina hingga saat ini adalah Katholik Roma. Sedangkan agama Islam dianut oleh suku Moro di Pulau Palawan dan Mindanau.


Sekian mengenai Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Filipina, semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Filipina"

Poskan Komentar