Letak Batas Luas Iklim Bentang Alam Thailand

Letak Batas Luas Iklim Bentang Alam Thailand - Adalah Thailand dahulu dikenal sebagai Siam sampai tanggal 11 Mei 1949. Kata ”Thai” berarti ”kebebasan” dalam bahasa Thailand, namun juga dapat merujuk kepada suku Thai, sehingga menyebabkan nama Siam masih digunakan di kalangan orang Thai terutama kaum minoritas Tionghoa. Thailand juga dikenal sebagaiNegeriGajah Putih, karena gajah putih oleh penduduk Thailand dianggap keramat. Ada sebutan lain yaitu negeri seribu kuil karena banyak kuil tempat peribadatan umat Budha di negeri ini.


Letak, Batas, Luas Thailand
1) Letak
Letak astronomis negara Thailand a diantara 5º LU - 21º LU dan 97º BT - 106º BT.
2) Batas
Batas geografis negara Filipina adalah sebagai berikut:
Sebelah Utara : Laos dan Myanmar
Sebelah Barat : Myanmar dan Laut Andaman
Sebelah Timur : Laos dan Kamboja
Sebelah Selatan :Malaysia dan Teluk Siam


Letak Batas Luas Iklim Bentang Alam Thailand



3) Luas
Luas wilayah negara Thailand adalah 513.115 Km2.


Sebelumnya mengenai Letak Batas Luas Iklim Bentang Alam Malaysia, mungkin dapat menambah pengetahuan anda.


Bentang Alam Thailand
Daerah Thailand dapat dibagi menjadi lima wilayah, yaitu sebagai berikut:
1) WilayahDataranTengah (Central PlainRegion) yangmerupakan dataran rendah aluvial, membentang dari utara kurang lebih sepanjang 480 km ke arah Pantai Siam. Daratan rendah ini merupakan inti dari negara Thailand, dan meliputi dataran Sungai Chao Praya (MaenamChao Praya, yang sering juga disebut SungaiMenam), yang merupakan sungai yang terbesar di negara itu. Pada umumnya sungai-sungai di Thailand sering banjir paa waktu musim hujan. Daratan ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian hulu dan hilir.
2) Wilayah Pegunungan (Mountain Region), yang berada di bagian utara terdiri atas rangkaian pegunungan yang membujur arah utara ke selatan dari perbatasan dengan Myanmar sampai ke Sungai Nan. Di daerah ini terdapat puncak-puncak yang tinggi yang tertinggi adalah Doi Inthanon (2.595 m) Umumnya daerah ini berhutan lebat. Di utara daerah ini dialiri oleh empat buah sungai (bagian dariChao Praya), yaitu Sungai Ping, Sungai Wang, Sungai Yom dan Sungai Non, yang masing-masing memiliki lembah-lembah yang sempit yang memungkinkan untuk diusahakan sebagai daerah pertanian.
3) Wilayah Plato Korat, yang luasnya ada sepertiga dari luas seluruh negara ini. Daerah ini membentang dari bagian utara dan timur kota Nakhon Ratchasima (Korat) sampai di Sungai Mekong. Plato yang kering dan tidak subur ini tertutup oleh hutan-hutan dan sabana.
4) Wilayah Tenggara (South East Region), merupakan daerah sempit di sebelah tenggara dari Central Plain (dataran tengah). Merupakan perluasan dari daratan rendah bukit-bukit Cardamon dari Kamboja.
5) Wilayah Jazirah (Peninsular Region), berada di sebelah selatan dari wilayah Thailand. Di wilayah ini terdapat tanah genting, yaitu tanah yang menyempit yang diapit oleh dua laut. Tanah genting tersebut bernama Tanah Genting Kra. Di daerah ini keadaannya berbukit-bukit dengan lembah yang kecil-kecil dari sungai-sungai yang bermuara di Teluk Siam.


Iklim Thailand
Iklim di Thailand adalah tropis muson. Terdapat perbedaan yang jelas antara musim kemarau dan musim penghujan. Musim penghujan berlangsung dari Mei sampai September, sedangkan musim kemarau berlangsung Oktober sampai April.


Sekian mengenai Letak Batas Luas Iklim Bentang Alam Thailand, semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Letak Batas Luas Iklim Bentang Alam Thailand"

Poskan Komentar