Letak Batas Luas Iklim Bentang Alam dan Penduduk Asia Tenggara

Letak Batas Luas Iklim Bentang Alam dan Penduduk Asia Tenggara - Asia Tenggara meruapakan suatu kawasan yang terletak di bagian tenggara Benua Asia, di antara India sampai ke Samudra Pasifik dan di antara Cina sampai Samudra Hindia dan Laut Arafuru. Wilayah ini terletak di persimpangan antara dua benua, yaitu Asia dan Australia, dan di antara dua samudra, yakni Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, sehingga berada dalam posisi silang (kruis positie) atau jalan persimpangan lalu lintas dunia (cross roads of the world). Dalam posisi semacam itu maka wilayah ini sejak dahulu merupakan tempat pertemuan berbagai bangsa, budaya, dan agama.




Asia Tenggara



Letak, Batas, Luas

a. Letak
Secara astronomis Kawasan Asia Tenggara terletak antara: 26o LU – 11o LS dan 92o BT – 141o BT. Dilihat secara geografi kawasanAsia Tenggara terbagi atas dua bagian, yaitu daratan yang terletak di Asia: Mainland Southeast Asia (Asia Tenggara daratan): Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Malaysia Barat serta daratan yang terletak di kepulauan: Insular Southeast Asia (Asia Tenggara Kepulauan): Singapura, Filipina, Indonesia, Malaysia Timur, Brunei Darussalam dan Timor Leste.

b. Batas
Secara geografis, batas-batas wilayah Asia Tenggara adalah sebagai berikut:
1) Sebelah utara berbatasan dengan RRC dan India
2) Sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudera Pasifik
3) Sebelah selatan berbatasan denganAustralia dan Samudera Hindia
4) Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia dan India

c. Luas
Secara keseluruhan luas daratanAsia Tenggara adalah ± 4.512.802 Km2. Indonesia adalah negara yang paling luas dengan luas wilayah ± 1.922.570 Km2, sedangkan Singapura adalah yang paling sempit dengan luas wilayah ± 618Km2. Luas masing-masing negara dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Letak, Batas, Luas asia tenggara


Bentang Alam

Bentang alam wilayah Asia Tenggara, dimulai dari barat berturut-turut terdapat barisan pegunungan dan dataran rendah. Pegunungan Fatkai di perbatasan Myanmar-India bersambung ke selatan dengan Arakan Yoma yang merupakan rangkaian Pegunungan Mediterania yang merangkai dengan pegunungan di Sumatra-Jawa-Nusa Tenggara. Ditimurnya terdapat dataran rendah yang dilalui oleh Sungai Irawadi, Sittang, dan Salween.

Pegunungan Tanen Teunggyi merangkai ke selatan dengan Pegunungan BileukTeung berlanjut sampai SemenanjungMalaka danKalimantan. Di sebelah timurnya terdapat dataran rendah yang dilalui Sungai Mennam, Chao Praya, dan Mekong. Pegunungan di Indocina (Annam) di utaranya terdapat Dataran Rendah Tonkin yang dilalui oleh Sungai Songka (Sungai Merah).

Bentang air kawasan Asia Tenggara adalah sebagai berikut:
a. Laut: Laut Andaman, Teluk Siam, Teluk Tonkin, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Filipina, Laut-laut di Indonesia, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik.
b. Selat: SelatMalaka, Selat Sunda, Selat Karimata, SelatMakasar, Selat Bali, Selat Lombok, Selat Sumba, Selat Ombai danmasih banyak lagi selat-selat yang memisahkan pulau-pulau di kawasan Asia Tenggara.
c. Sungai:
1) Myanmar : Irawadi, Chindwin, Sittang, Salween.
2) Thailand : Mekong, Chao Praya
3) Laos : Mekong
4) Vietnam : Songka, Mekong
5) Kamboja : Mekong
6) Malaysia : Perak, Kelantan, Pahang, Muar
7) Singapura : Kranji, Seletar, Serangon
8) Brunei Darussalam : Belait, Tutong, Brunei, Temburong
9) Filipina : Cagayan, Agusan
10) Indonesia : Asahan, Musi, Kapuas, Mahakam, Bengawan Solo, Brantas
d. Danau:
1) Thale Luang (Thailand)
2) Tonle Sap (Kamboja)
3) Lanau (Filipina)
4) Toba (Indonesia)


Keadaan Iklim

WilayahAsia Tenggara dipengaruhi oleh anginmuson, sehingga iklim yang berpengaruh adalah iklim muson tropis. Angin musim ini berganti arah setiap enam bulan dari Asia menuju Australia atau sebaliknya. Hal itu sesuai dengan posisi matahari yang berada di utara khatulistiwa pada bulan April – Oktober dan di belahan bumi selatan pada bulan Oktober – April.

Angin Pasat, baik Timur Laut maupun Tenggara, bertiup terus menerus sepanjang tahun, sehingga daerah-daerah yang dipengaruhi angin pasat ini turun hujannya lebih banyak daripada daerah-daerah lain. Daerah-daerah itu meliputi pantai Timur Indonesia, pantai timur semenanjung Malaya dan pantai timur Filipina.

Tinggi tempat terhadap permukaan air laut juga berpengaruh terhadap banyaknya curah hujan. Di daerah pegunungan curah hujannya lebih tinggi daripada di daerah dataran rendah. Suhu pantai tropis di Asia Tenggara ratarata 26,3oC.


Keadaan Penduduk

Suku bangsa asliAsia Tenggara terdiri dari ribuan etnis, namun yang cukup besar dapat disebutkan suku bangsa Jawa, Batak, Sunda, Bugis, Dayak yang merupakan sebagian dari ratusan suku bangsa yang tinggal di Indonesia. Suku bangsa Melayu tinggal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura. Suku
bangsa Siam tinggal di Thailand, suku bangsa Lao (Laos), suku bangsa Myanmar, dan Karen (Myanmar), suku bangsa Min (Vietnam), suku bangsa Khmer (Kamboja). Adapun suku bangsa pendatang adalah Cina, India, dan Eropa, bahkan suku bangsa Cina mendominasi negara Singapura (70%). PendudukAsia Tenggara tahun 2006 berjumlah 565 juta dengan perincian sebagai berikut:

Keadaan Penduduk asia tenggara


Sebagian besar penduduk di negara-negara Asia Tenggara (63%) tinggal di pedesaan, kecuali Brunei 67% tinggal di perkotaan, Malaysia 57%, bahkan Singapura 100% penduduknya tinggal di perkotaan.



inilah materi Letak Batas Luas Iklim Bentang Alam dan Penduduk Asia Tenggara, semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Letak Batas Luas Iklim Bentang Alam dan Penduduk Asia Tenggara"

Poskan Komentar