Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Indonesia

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Indonesia - Negara Kesatuan Republik Indonesia ialah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara, melintang di khatulistiwa antara benua Asia danAustralia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Karena letaknya yang berada di antara dua benua, dan dua samudra, ia disebut juga sebagai Nusantara.

Pembahasanmengenai Indonesia secara mendalamsudah disajikan di kelas 8. Berikut ini disajikan data-data secara garis besar saja.

a. Letak, Batas dan Luas
1) LetakL
etak astronomi negara Indonesia diantara 6º LU - 11º LS dan antara 94º BT - 141º BT

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Indonesia


2) Batas
Batas Geografis negara Indonesia adalah sebagai berikut :
- Sebelah Utara :Malaysia, Singapura, Filipina, S. Pasifik
- Sebelah Barat : Samudera Hindia
- Sebelah Timur : Papua Nugini & Samudera Pasifik
- Sebelah Selatan : Samudera Hindia
3) Luas
Luas wilayah negara daratan Indonesia adalah ± 1.922.570Km2. Indonesia memiliki 17.504 pulau besar dan kecil, sekitar 6000 di antaranya tidak berpenghuni, yang menyebar disekitar khatulistiwa, memberikan cuaca tropis.


b. Bentang Alam
Bentang alamwilayah Indonesia secara geologis dibagi menjadi tiga bagian, yaitu wilayah Indonesia bagian barat, wilayah Indonesia bagian tengah dan wilayah Indonesia bagian timur.
1) Wilayah Indonesia Bagian Barat
Wilayah Indonesia bagian barat meliputi Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan dan pulau-pulau kecil yang ada disekitarnya serta lautlaut dangkal yangmengelilingi pulau-pulau tersebut. Oleh karena itu wilayah Indonesia bagian barat sering disebut Dangkalan Sunda.
2) Wilayah Indonesia Bagian Tengah
Wilayah Indonesia bagian tengah meliputi Pulau Sulawesi dan KepulauanNusa Tenggara.Wilayah inimerupakanwilayah peralihan antara wilayah Indonesia bagian barat dengan wilayah Indonesia bagian timur.
3) Wilayah Indonesia Bagian Timur
Wilayah Indonesia bagian timur sering disebut wilayahDangkalan Sahul. Wilayah ini terdiri atas KepulauanMaluku dan Pulau Papua. Antara wilayah Indonesia bagian tengah dengan Indonesia bagian timur dibatasi oleh garis Weber.


c. Iklim
Indonesia beriklim tropis, hal ini dipengaruhi oleh letaknya yang berada di daerah khatulistiwa. Pada BulanOktober -April bertiup anginMuson Barat yang mengakibatkan musim hujan di Indonesia, dan pada bulan April – Oktober bertiup anginMuson Timur yangmengakibatkanmusim kemarau. Curah hujan di Indonesia berkisar antara 2000 – 3000 mm/ tahun sehingga tergolong tinggi.


d. Keadaan Penduduk
Penduduk Indonesia tahun 2006 berjumlah 225,5 juta jiwa, dengan kepadatan 117 jiwa/Km2. Keadaan demikian menempatkan Indonesia pada urutan ke-4 dunia setelah Cina, India dan Amerika Serikat. Penduduk Indonesia dapat dibagi secara garis besar dalam dua kelompok. Di bagian barat Indonesia penduduknya kebanyakan adalah suku Melayu sementara di timur adalah suku Papua, yang mempunyai akar di kepulauan Melanesia.

Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh sekitar 85,2% penduduk Indonesia, yangmenjadikan Indonesia negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Sisanya beragama Protestan (8,9%), Katolik (3%), Hindu (1,8%), Budha (0,8%), dan lain-lain (0,3%).

Kebanyakan penduduk Indonesia bertutur dalam bahasa daerah sebagai bahasa ibu, namun bahasa resmi Indonesia, bahasa Indonesia, diajarkan di seluruh sekolah-sekolah di negara ini dan dikuasai oleh hampir seluruh penduduk Indonesia.




Sekian mengenai Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Indonesia, semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Indonesia"

Poskan Komentar