Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Singapura

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Singapura - Singapura merupakan negara kepulauan, pulau yang terbesar ialah Singapura/Tumasik. Pulau-pulau yang lain, yaitu Pulau Tekong, Pulau Ubin, Pulau Sentosa, Pulau Bukom, dan lain-lain yang berjumlah 54 buah pulau.


a. Letak, Batas, Luas
1) Letak
Letak astronomi negara Singapura diantara 1º15’ LU - 1º35’ LU dan antara 103º40’ BT - 104º BT.

2) Batas
Batas geografis negara Singapura adalah sebagai berikut :
- Sebelah Utara : Selat Johor
- Sebelah Barat : Selat Johor
- Sebelah Timur : Indonesia
- Sebelah Selatan : Indonesia


Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Singapura



3) Luas
Luas wilayah negara Singapura adalah 618 Km2.


b. Bentang Alam
Keadaan alamSingapura pada umumnya datar dan rendah. Bentang alamnya terbagi atas sebagai berikut.
1) Bagian timur yang berpasir berupa dataran rendah kira-kira 15meter di atas permukaan air laut.
2) Bagian tengah berupa daerah perbukitan dengan puncak tertinggi Bukit Timah (850 m), di wilayah ini terdapat deposit granit, yaitu di Bukit Timah, Bukit Gombok, dan Bukit Panjang..
3) Bagian barat daya berupa perbukitan dengan lereng agak curam dan terdapat lembah sungai.


c. Iklim
Singapura beriklim tropis dipengaruhi oleh letaknya yang dekat khatulistiwa, dengan temperatur rata-rata yang tinggi dan lembap, pengaruh laut di sekitarnya juga amat terasa. Di Singapura tidak terdapat batas yang jelas antara musim penghujan dan musim kemarau karena hujan sering turun sepanjang tahun. Pada bulan November, Desember, dan Januari udara tidak begitu panas karena hujan turun sangat lebat walaupun tidak terus-menerus. Curah hujan terendah terjadi pada bulan Juli.


d. Keadaan Penduduk
PendudukSingapura pada tahun 2006 berjumlah 4,5 juta jiwa dengan kepadatan 7.282 jiwa/km2. Singapuramerupakan salah satu negara yang paling padat di dunia. Sebesar 85% dari rakyat Singapura tinggal di rumah susun yang disediakan oleh Dewan Pengembangan Perumahan (HDB). Penduduk Singapura terdiri darimayoritas etnis Tionghoa (77,3%), etnis Melayu yangmerupakan penduduk asli (14,1%), dan etnis India (7,3%), dan etnis lainnya (1,3%). Mayoritas rakyat Singapura menganut agama Buddha (31,9%) dan Tao (21,9%). 14,9% rakyat Singapura menganut agama Islam, 12,9%menganut agama Kristen, 3,3%Hindu, dan lainnya 0,6%, sedangkan sisanya (14,5%) tidak beragama. Bahasa resmi Singapura adalah bahasa Inggris, disamping itu ada beberapa bahasa yang dipakai untuk komunikasi yaitu bahasa Melayu, Cina dan Tamil.


Sekian mengenai Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Singapura, semoga bermanfaat.

0 Response to "Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Singapura"

Posting Komentar