Penduduk Negara Brazil


Penduduk Negara Brazil - Pada awal 2004, jumlah penduduk Brasil mencapai 176.500.000 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya mencapai 1,3 % per tahun. Dengan luas wilayahnya yang begitu luas, tingkat kepadatan penduduknya masih relatif rendah berkisar 20 jiwa per km². Namun sebagian besar penduduk cenderung mendiami kota-kota besar di sepanjang pantai Atlantik. Kota-kota besar tersebut memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi. Kota-kota besar tersebut adalah Rio de Janeiro, Sao Paulo, Recife, dan Salvador.

Sebagian besar penduduk cenderung mendiami kota-kota besar di Pantai Atlantik. Untuk mengembangkan daerah pedalaman dibangunlah kota Brasilia City sebagai ibukota Brasil yang dipindahkan dari kota Rio de Janeiro di pantai timur. Brasilia City terletak di tengahtengah negara bagian Goias yang merupakan dataran tinggi atau plato yang hampir tidak ada penduduknya. Kota ini berkembang pesat dan saat ini berpenduduk sekitar 1,3 juta jiwa.


Penduduk Negara Brazil




Sebelum bangsa kulit putih datang ke Amerika Selatan yaitu tahun 1500, penduduk Brasil hanya beberapa ratus ribu orang suku Indian. Mereka menempati daerah yang sangat luas tersebut. Kemudian, datang pemukim kulit putih, yaitu orang Portugis. Mengikuti jejak orang Portugis bermigrasi pula orang-orang Eropa lainnya seperti suku bangsa Prancis, Belanda, Inggris, dan ribuan budak kulit hitam dari Afrika yang dipekerjakan di lokasi perkebunan-perkebunan.



Sebelumnya mengenai Perekonomian Brazil dapat membantu



Berbaurnya orang dari berbagai kelompok tadi akhirnya memberikan keturunan yang disebut orang Brasil. Setelah itu pun banyak berdatangan pula orang Eropa dan kelompok lainnya. Pendatang tersebut seperti orang Polandia, Italia, Spanyol, bahkan dari Timur Tengah seperti Lebanon dan Asia Timur seperti Jepang. Saat ini sebagian besar penduduk menganut agama Katolik sekitar (93 %). 

Bahasa resmi yang digunakan Portugis, sedangkan berdasarkan etniknya secara umum penduduk Brasil dapat dibedakan menjadi empat kelompok etnik yaitu sebagai berikut.
a) Penduduk kulit putih (mayoritas keturunan Portugis).
b) Orang kulit hitam (negro).
c) Penduduk asli (Indian suku Tupinamba).
d) Penduduk campuran (Mestis, Mullat dan Zambo).
Penduduk Brasil gemar menyelenggarakan perayaan dan festival, terutama perayaan yang menyangkut keagamaan. Bentuk musik yang terkenal di Brasil adalah samba. Musik yang mengungkapkan jiwa dan semangat orang Brasil secara puitis.

Orang Brasil pun gemar berolahraga, dan jenis olahraga yang paling populer adalah sepak bola.




Sekian mengenai Penduduk Negara Brazil, semoga bermanfaat.

0 Response to "Penduduk Negara Brazil"

Poskan Komentar