Perekonomian Negara Brazil


Perekonomian Negara Brazil - Saat ini Brasil sedang berupaya mengubah arah pembangunan negaranya dari negara pertanian menuju negara industri. Namun, pertanian masih menjadi tulang punggung perekonomian negara. Kayu Brasil, gula, kakao, karet, kapas, kopi dan tembakau merupakan hasil utama pertanian dan menjadi komoditas ekspor. Daerah lembah Amazon merupakan penghasil 9/10 karet dunia, sedangkan Sao Paulo dan daerah sekitarnya menghasilkan ¾ kopi dunia. Kapas merupakan tanaman utama di bagian timur laut dan tengah dan Bahia penghasil utama tembakau. Sebelum berorintasi pada sector industri, lebih dari separuh penduduk Brasil bekerja sebagai petani dan peternak.

Secara lebih rinci sebaran kegiatan sektor-sektor perekonomian tersebut sebagai berikut ini.
a) Pertanian, Kehutanan, dan Peternakan
Sebagian besar penduduk Brasil hidup dari pertanian dan perkebunan. Brasil terkenal sebagai negara penghasil kopi utama dunia. Sesuai iklimnya kakao atau bahan cokelat diusahakan secara luas di dataran pantai sebelah selatan Salvador. Hasil pertanian lainnya adalah kelapa, tembakau, gula, padi dan jagung. Di daerah utara diusahakan perkebunan karet yang sangat luas. 

Perkebunan berpusat pada daerah sebagai berikut.
(1) Pernambuco dan Recife (kapas).
(2) Sao Prancisco (tembakau dan cokelat).
(3) Victoria (cokelat).
(4) Santos dan Sao Paulo (kopi).

Hutan di pedalaman Brasil masih sangat lebat. Hasil kayu dari hutan Amazon merupakan bahan ekspor. Pelabuhan Bolem di merupakan tempat melakukan ekspor hasil hutan. Dalam usaha peternakan Brasil cukup maju dan merupakan salah satu negara dengan produk ternak terbesar di dunia. Jenis hewan ternak yang diusahakan antara lain lembu, kambing, kuda dan unggas. Peternakan sapi dipusatkan di Dataran Tinggi Brasil yaitu di daerah Cuyuba.

Perekonomian Negara Brazil


b) Pertambangan dan Industri
Sumber mineral Brasil yang terbesar adalah besi, kristal kuarsa, mangan, titanium, bijih krom, bauksit serta berbagai batu mulia. Di sekitar Belo Horizonte banyak dijumpai lapisan bijih besi. Mineral tersebut diangkut ke Rio de Janeiro. Di dekat kota ini didirikan pabrik peleburan bijih besi dan pabrik baja dengan bantuan modal dari AS. Hal yang menghambat perkembangan industri ini adalah kurangnya batu bara.

Industri terbesar Brasil adalah pengolahan baja, pemintalan kapas, dan pengolahan bahan makanan. Sao Paulo dan Rio de Janeiro merupakan pusat industri Brasil. Daerah pusat pertambangan lainnya terdapat di sebelah utara lembah Amazon yaitu di Amapa. Sumber mineral yang diusahakan disini adalah Mangan. Perindustrian yang dikembangkan adalah minyak bumi, besi baja, mobil, kulit, bahan kimia, perkapalan, bahan makanan, tekstil, dan mesin-mesin.

Perekonomian Negara Brazil 2





Sekian mengenai Perekonomian Negara Brazil, semoga bermanfaat.

0 Response to "Perekonomian Negara Brazil"

Posting Komentar