Letak Luas dan Keadaan Alam Nigeria

Letak Luas dan Keadaan Alam NigeriaNigeria adalah salah satu negara berkembang di Afrika. Namun, jika dibandingkan dengan negara Afrika lainnya negara ini cukup sejahtera. Awalnya negara ini merupakan jajahan Inggris yang baru merdeka pada Oktober 1960. Akan tetapi, baru beberapa tahun mengalami merdeka, yaitu tahun 1967 terjadi perang saudara yang mengakibatkan kehancuran negara ini. Baru tahun 1970, negara ini bangkit kembali didukung oleh kekayaan dari sumber alam utamanya yaitu minyak bumi. Negara ini berbentuk Republik federal yang terdiri atas 19 negara bagian yang masing-masing dikepalai oleh seorang gubernur militer. Perhatikan Tabel 6.7 berikut.



Letak Luas dan Keadaan Alam Nigeria




Letak dan Luas

Secara astronomis, Nigeria terletak di antara 5° LU–14° LS dan antara 4° BT - 16BT. Luas wilayahnya mencapai ± 924.630 km². Adapun batas-batas geografisnya antara lain di sebelah utara berbatasan dengan negara Niger, selatan dengan Teluk Guinea, sebelah barat dengan negara Benin, dan sebelah timur berbatasan dengan Kamerun. Untuk mengetahui keadaan dan situasinya maka perlu melihat kawasan Afrika di Teluk Guinea ini melalui peta berikut.

Letak dan Luas





Keadaan Alam (Bentang Alam dan Iklim)

Wilayah Nigeria membentang mulai dari ujung timur Teluk Guinea sampai ke perbatasan Republik Niger di sebelah utaranya. Garis pantainya terbentang kira-kira sepanjang 800 km dari Benin hingga Kamerun. Kedua teluk besar di Nigeria yaitu Teluk Benin dan Teluk Bonny merupakan bagian dari Teluk Guinea. Di sepanjang pantai dan daerah pedalaman sampai sejauh 100 km, lahannya tertutup rawa bakau dan diselingi oleh sunagi serta anak-anak sungai yang banyak. Lahannya sebagian besar merupakan belantara tropis yang membentang ke arah utara dengan sedikit diselingi lahan-lahan terbuka pertanian yang tidak luas.

Secara khusus, bentang alam Nigeria dapat dibedakan menjadi beberapa wilayah utama sebagai berikut.

Keadaan Alam (Bentang Alam dan Iklim)


a) Wilayah Ledok Sungai Niger
Wilayah ini sebagian besar terletak di daerah cekungan yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Niger. Sungai Niger merupakan salah satu sungai terpanjang di benua Afrika (4.180 km) setelah sungai Nil yang melintas di sepanjang sisi timur benua Afrika. Sungai Niger bermuara di Teluk Guinea, dan memiliki beberapa anak sungai yang mengalir dari arah barat dan timur Nigeria. Sungaisungai tersebut antara lain yaitu Benue dan Gongola. Pada bagian muara sungai Niger membentuk sebuah delta yang cukup luas dan subur.

b) Wilayah Dataran Tinggi
Wilayah ini meliputi dua kawasan, yaitu dataran tinggi Jos yang terletak di bagian tengah dengan rata-rata ketinggian 1200 m dpl. dan dataran tinggi Adamwa yang terletak di bagian timur yang ketinggiannya mencapai 1500 m dpl dan di antaranya terdapat puncak tertinggi di Nigeria yaitu gunung Vogel (2.042 m dpl.). Pada dataran tinggi Jos mengalir beberapa sungai yang bermuara ke danau Chad. Pada dataran tinggi terutama di sebelah selatan didominasi oleh vegetasi sabana yaitu padang rumput yang diselingi semak belukar. Sementara di bagian utaranya ditumbuhi padang rumput semi arid.

Secara geologi wilayah Nigeria terdiri atas batuan kristalin tua dari zaman prakambriun yang sudah berusia sekitar 4.550 tahun. Lapisan batuan tersebut tidak mengandung barang tambang berarti kecuali bijih timah di dataran tinggi Jos. Di sekitar inti batuan kristalin tua terdapat endapan batuan sedimen yang lebih muda. Pada formasi batuan ini mengandung batu bara, batu kapur, dan minyak bumi. Lapisan batuan kristalin tua sudah mengalami perubahan sehingga menjadi tanah yang subur yang dijadikan daerah perkebunan cokelat di kawasan Nigeria barat.

Iklim di Nigeria adalah tropis dengan suhu rata-rata tinggi dan sama di setiap tempat di sepanjang tahun. Daerah hutan belantara tropis di daerah selatan, memiliki musim panas yang panas dan lembap yaitu antara bulan April - Oktober. Di daerah sabana di sebelah utara jauh lebih kering. Pada musim dingin dari bulan November sampai Maret, angin kering dan panas yang berasal dari gurun Sahara di sebelah utara bertiup ke arah selatan ke wilayah Nigeria membawa endapan pasir dan debu halus. Angin ini disebut Harmattan.




Sekian mengenai Letak Luas dan Keadaan Alam Nigeria, semoga ini dapat bemanfaat.

0 Response to "Letak Luas dan Keadaan Alam Nigeria"

Posting Komentar