Perekonomian Inggris Raya

Perekonomian Inggris Raya - Berdasarkan indikator awal pembahasan mengenai Inggris, jelasmenunjukkan bahwa Inggris merupakan salah satu negara majudi dunia. Sejak digulirkannya revolusi industri di Inggris, perekonomiannyasemakin berkembang. Sektor perekonomian pentingdi Inggris antara lain industri, pertambangan, pertanian, peternakan,dan sektor perikanan.



Subsektor Pertanian, Peternakan, dan Perikanan
Sektor pertanian mengalami masalah di dalam peningkatanproduktivitasnya karena menyempitnya lahan pertanian yang terdesak olehperkembangan industri yang pesat. Akhirnya, pengem bangan pertanianmelalui usaha intensifikasi dan mekanisasi pertanian. Jenis hasilpertanian yang diusahakan adalah gandum, padi-padian, buah-buahan,gula, dan sayur-sayuran. Akibat tidak tercukupinya kebutuhan dalamnegeri, maka kekurangan produksi gandum didatangkan dari Australiasebagai negara bekas jajahannya (koloninya).

Sektor peternakan dilakukan secara intensifikasi. Jenis yang dikembangkan antara lain sapi, domba, babi, dan unggas. Namun, pada1996 hingga 2001, usaha peternakan di Inggris mengalami masalahdengan timbulnya penyakit sapi gila (mad cow) dan penyakit kukuserta mulut yang sangat berbahaya dan dampaknya meluas padakegagalan usaha pengembangan peternakan di Inggris. Berbedadengan subsektor perikanan, Inggris memiliki armada perikananyang besar dan maju. Pelabuhan-pelabuhannya pun berkembangpesat, antara lain Grimsby, Great Yarnmouth, Kingstone Upon Hull,dan Aberdeen.


Perekonomian Inggris Raya



Subsektor Pertambangan dan Industri
Awalnya Inggris kaya dengan barang tambang khususnya batubara dan di dunia merupakan negara penghasil batu bara terbesar ketigasetelah Amerika Serikat dan Rusia. Deposit yang besar dan kualitas batubara yang bernilai baik mendorong Inggris melakukan eks por ke Negaralain, dan termasuk salah satu negara pengekspor batu bara terbesar.Tersedianya batu bara yang besar sangat mendukung kemajuan industrydi Inggris. Daerah-daerah penting penghasil batu bara antara lain,Wales bagian Selatan, Skotlandia (Hanarkshire, Pegunungan Pennine),Pegunungan Cambrian, dan Staford. Akibat eksploitasi besar-besaransaat ini persediaan batu bara di Inggris mengalami penurunan.Nampaknya pada masa mendatang Inggris tidak dapat lagi bergantungpada batu bara sebagai sumber energinya.

Hasil tambang lainnya adalah bijih besi, timah hitam, tembaga yangdihasilkan di Pegunungan Pennine, Pegunungan Cambrian dan Midlands,sedangkan seng dan mangan di Pegunungan Pennine dan Cambrian.Minyak bumi di wilayah Skotlandia, dan saat ini dikembangkaneksplorasi dan eksploitasi di Laut Utara. Pusat penyulingan minyakbuminya berlokasi di Aberdeen, Grangemoth dan Dundee.Pada sektor industri, Inggris telah lama maju dan berkembangtermasuk negara terkemuka di Eropa. Jenis industri penting dan merupakanproduk ekspor Inggris adalah baja, kapal laut, mobil, kereta api, tekstil,pesawat terbang, alat pertanian, dan barang elektronika.

Pusat-pusat industri penting yang terdapat di Inggris antaralain sebagai berikut.
a) London dan Oxford, yaitu industri pesawat terbang, mesin mobil,dan galangan kapal.
b) Birmingham, yaitu industri berat, seperti mesin mobil, kereta api,pesawat terbang, mesin tekstil, dan mesin-mesin pertanian.
c) Newcastle, yaitu industri galangan kapal.
d) Glasgow, yaitu industri tekstil, lokomotif dan galangan kapaldan baja.
e) Leicester, yaitu industri tekstil.
f) Belfast, yaitu industri galangan kapal.
g) Midelsbrough, Shefield, Swansea, Northampton dan Newportmemiliki industri baja yang cukup besar.



Sekian mengenai Perekonomian Inggris Raya, semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Perekonomian Inggris Raya"

Poskan Komentar