Antroposfer


Antroposfer


1. Komposisi penduduk adalah pengelompokan atau struktur penduduk berdasarkan atribut tertentu, seperti atribut geografis, biologis, dan sosial.

2. Komposisi penduduk berdasarkan atribut geografis pada umumnya didasarkan pada pengelompokan karakteristik lokasi (penduduk desa dan kota), tingkat kepadatan (padat dan jarang), teknologi (maju dan berkembang), dan mata pencarian (industri dan agraris).

3. Komposisi penduduk berdasarkan atribut biologis pada umumnya didasarkan pada umur (anak-anak, dewasa, dan lansia) dan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan).

4. Komposisi penduduk berdasarkan atribut social pada umumnya didasarkan pada identitas sosial, seperti warga negara (WNI dan WNA), perkawinan (kawin dan belum kawin), pendidikan (belum sekolah, tidak sekolah, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi), dan jenis mata pencarian (jenis pekerjaan).

5. Pertumbuhan penduduk di suatu daerah dapat dibedakan menjadi pertumbuhan penduduk alami dan pertumbuhan penduduk sosial.

6. Pertumbuhan penduduk alami adalah angka pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih antara jumlah penduduk yang lahir dan jumlah penduduk yang mati.

7. Pertumbuhan penduduk sosial adalah angka pertumbuhan penduduk yang diperoleh dengan cara memperhitungkan seluruh variabel demografis (kelahiran, kematian, dan migrasi).

8. Dependency Ratio adalah perbandingan jumlah penduduk usia nonproduktif dengan jumlah penduduk usia produktif.

9. Sex Ratio adalah tingkat perbandingan jumlah antara penduduk laki-laki dan penduduk perempuan.

10. Agar data kependudukan menjadi data yang informatif maka penyajian data harus disusun dalam bentuk tabel, diagram, peta, dan gambar.

0 Response to "Antroposfer"

Posting Komentar