Rangkuman Materi Ragam Bentuk Muka Bumi



Selamat, kamu naik ke Kelas VII. Teruslah pacu semangat belajarmu di kelas yang baru. Kerja keras dalam belajar membuahkan hasil gemilang. Kamu mungkin pernah mendengar tentang anggota pecinta alam. Kelompok tersebut sering melakukan ekspedisi ke hutan, gunung, maupun tempat-tempat lainnya. Gunung dan laut merupakan dua tempat yang berbeda. Gunung memiliki jenis batuan tersendiri, laut pun demikian. Alam terbentuk melalui proses yang panjang. Alam mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Apakah faktor pemicu adanya perubahan alam dan bentuk muka bumi?

Sebelum kamu mempelajari materi ragam bentuk muka bumi lebih dalam, terlebih dahulu perhatikan peta konsep berikut. Hal ini akan mempermudah kamu dalam memahami pentingnya menjaga dan melestarikan ragam bentuk muka bumi. Manusia dapat memanfaatkan ragam bentuk muka bumi sebagai potensi kekayaan alam bagi manusia. 

Rangkuman Materi Ragam Bentuk Muka Bumi




Ikhtisar
• Bentukan-bentukan di permukaan bumi antara lain dataran rendah, plato, gunung, pegunungan, dan pantai.
• Tenaga endogen merupakan tenaga dari dalam bumi. Tenaga endogen terdiri atas vulkanisme, tektonisme, dan gempa bumi (seisme).
• Tenaga eksogen, yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi. Tenaga eksogen meliputi pelapukan, erosi, masswasting, dan sedimentasi.
• Batuan di permukaan bumi dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.
a. Batuan beku (igneous rock) adalah batuan yang terbentuk dari satu atau beberapa mineral akibat pembekuan magma.
b. Batuan sedimen (sedimentary rock) adalah jenis batuan yang terbentuk karena proses pembatuan atau litifikasi dari hasil proses pelapukan, erosi, dan sedimentasi.
c. Batuan malihan (metamorf) adalah batuan yang terbentuk akibat perubahan temperatur dan tekanan udara dari batuan yang telah ada sebelumnya.
• Kehidupan penduduk di suatu tempat berhubungan erat dengan bentuk muka bumi di daerah tersebut. Misalnya, penduduk di daerah pegunungan banyak yang bermata pencarian di sektor pertanian, perkebunan, mencari hasil hutan, dan menjadi buruh tambang. Penduduk di pegunungan umum nya memakai pakaian yang menggunakan bahan tebal. Rumah di daerah pegunungan yang dingin di buat tertutup agar hangat.
• Pada umumnya dataran rendah merupakan dataran aluvial yang subur. Daerah ini cocok di jadikan daerah pertanian, perumahan, atau industri. Mata pencarian penduduk daerah ini lebih beragam, mulai dari bertani, pedagang, buruh pabrik, dan nelayan. Dataran rendah termasuk daerah panas sehingga penduduknya banyak yang menggunakan pakaian dari bahan yang tipis. Rumah pun dibuat dengan ventilasi yang banyak dengan tujuan untuk memudah kan sirkulasi udara.


0 Response to "Rangkuman Materi Ragam Bentuk Muka Bumi"

Posting Komentar