Komposisi Susunan Penduduk Indonesia

Komposisi Susunan Penduduk Indonesia - Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk atas dasar kriteria tertentu dan untuk tujuan tertentu pula. Misalnya pengelompokan penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan pekerjaan. Mengetahui komposisi penduduk diperlukan untuk merencanakan kegiatan pada masa mendatang.


Adapun komposisi penduduk suatu negara diklasifikasikan menurut:

Komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin dapat dibentuk piramida penduduk, yaitu grafik balok yang dibuat secara horizontal untuk membandingkan penduduk laki-laki dan perempuan. Macam-macam bentuk piramida penduduk:
a. Piramida penduduk muda (Expansive)
b. Piramida penduduk tetap (Stationer) 
c. Piramida penduduk tua (Constrictive)

Data tentang komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin dapat dipergunakan untuk:
a. Angka beban ketergantungan (dependency ratio)
b. Angka usia harapan hidup (life expectancy)
c. Rasio jenis kelamin (sex ratio)

Komposisi (susunan) penduduk berdasarkan pendidikan adalah susunan penduduk (pengelompokkan penduduk) didasarkan pada jenjang pendidikan yang ditempuhnya. Jenjang pendidikan menurut Undang-Undang (UU) No. 20 Tahun 2003 sistem pendidikan nasional terdiri atas pendidikan dasar (SD/MI, SMP/ MTs), pendidikan menengah (SMA/MA), pendidikan tinggi (sekolah tinggi, universitas)
a. Jenjang pendidikan dasar
b. Jenjang pendidikan menengah
c. Pendidikan tinggi
Pendidikan di perguruan tinggi terbagi menjadi:
1) Pendidikan akademik
2) Pendidikan profesional

3. Komposisi Penduduk Berdasarkan Pekerjaan
Komposisi penduduk berdasarkan pekerjaan didasarkan pada kegiatan ekonomi atau jenis usaha yang digeluti masyarakat. Persentase penduduk di negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia yang bekerja di bidang pertanian lebih besar dibandingkan yang bekerja di bidang-bidang lain. Hal tersebut bertolak belakang dengan kondisi di negara-negara maju, di mana penduduknya sebagian besar bekerja di bidang industri dan jasa.

Tabel: Persentase komposisi penduduk desa dan kota berdasarkan pekerjaannya.

Komposisi Susunan Penduduk Indonesia


Sekian mengenai Komposisi (Susunan) Penduduk Indonesia, semoga apa yang ada dalam materi bisa berguna, bermanfaat dan dapat membantu bagi semua yang membutuhkan informasi ini. Sekian untuk semua dan terimakasih


0 Response to "Komposisi Susunan Penduduk Indonesia"

Posting Komentar