Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Republik Rakyat Cina

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Republik Rakyat Cina - Republik Rakyat Cina adalah negara terluas dan sekaligus terbesar jumlah penduduknya. Negara RepublikRakyat Cinamenarik untuk dikaji sehubungan dengan keunikannya sebagai negara besar baik dari jumlah penduduk maupun luas wilayah. Juga sejarah kunonya yang berumur ribuan tahun, potensi ekonomi dan dinamika politik yang mampu bertahan terhadap gempuran kapitalisme.

Secara geografis berada di kawasanAsia Timur menghadap Samudra Pasifik.


Letak, Batas, Luas Republik Rakyat Cina

a) Letak Astronomis
Secara astronomis Republik Rakyat Cina terletak antara 18o LU – 54o LU dan 73o BT – 135o BT.
b) Batas Geografis
Batas wilayah Cina adalah sebagai berikut:
Sebelah Utara : Rusia danMongolia
Sebelah Timur : Korea Utara, Laut Cina Timur, dan Laut Kuning
Sebelah Selatan : Vietnam, Laos, Myanmar, India, Bhutan, dan Nepal
Sebelah Barat : Afghanistan, Tajikistan, Kyrgyzstan, dan Kazakhstan
c) Luas
Luasnya Negara Cina adalah 9,598,036 km2 merupakan 30% luas Benua Asia.

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Republik Rakyat Cina


Bentang Alam Republik Rakyat Cina

Secara garis besar wilayah Cina dibagi menjadi empat wilayah
a) Cina bagian utara
Wilayah Cina bagian utara cenderung datar. Di wilayah ini terdapat Gurun Pasir Gobi yang terletak di daerah perbatasan antara Cina dan Mongolia
b) Cina bagian selatan
Wilayah Cina bagian selatan terdiri dari pegunungan tinggi dengan berbagai variasinya seperti bukit dan dataran tinggi. Diwilayah ini terdapat Pegunungan Tsin Ling.
c) Cina bagian timur
Wilayah Cina bagian timur berupa dataran rendah dan lembah yang subur karena aliran SungaiYangtze Kiang atau Sungai Chang Jiang dan SungaiHuangHo. Di wilayah inilah terjadi pemusatan penduduk dan pemusatan kegiatan ekonomi. Kota-kota besar di Cina yang menjadi pusat kegiatan industri terdapat di wilayah ini.
d) Cina bagian barat
Wilayahnya didominasi oleh dataran tinggi dan gurun pasir.Di wilayah ini terdapat Dataran Tinggi Tibet dan Gurun Taklamakan.

Sebelumnya mengenai Benua Australia ini mungkin dapatm membantu


Iklim Republik Rakyat Cina

Keadaan alam yang beragam sangat berpengaruh terhadap kondisi iklim diCina. IklimdiCina bagian utara cenderung kering karena terletak di tengah daratan yang luas, sehingga dipengaruhi oleh iklim kontinental (iklimdaratan). Padamusim panas suhu udara sangat tinggi, padamusim dingin sungai-sungai di Cina bagian utara membeku.Musimhujan jatuh bersamaan dengan musim panas. Musim kering bersamaan dengan musimdingin


Keadaan Penduduk Republik Rakyat Cina

Cina merupakan negara berpenduduk terbesar di dunia. Jumlah penduduk Cina pada pertengahan tahun 2006 berjumlah 1.311.400.000 jiwa, dengan tingkat pertumbuhan 0,6% per tahun dan kepadatan 137 jiwa/km2.

Penduduk Cina mempunyai suku bangsa yang banyak sekali. Secara resmi diakui oleh pemerintah Cina ada 56 etnis (suku bangsa).Mayoritas Penduduk Cina adalah suku bangsa Han sebesar 94% yang merupakan indukBangsaMongolia atau berkulit kuning. Suku bangsa lain diantaranya Suku bangsa Manchu, Mongol, Korea, Tibet. Bahasa yng dijadikan bahasa resmi di Cina adalah bahasa Mandarin.


Sekian mengenai Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Republik Rakyat Cina, semoga ini bermanfaat.

0 Response to "Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Republik Rakyat Cina"

Posting Komentar