Metode Penelitian Geografi

Metode Penelitian Geografi - Adalah ada 3 metode yang sering digunakan yaitu metode Deskriptif, metode Eksperimen dan Korelasi dan Metode ex post Facto

Metode Deskriptif
metode ini dapat digunakan sejak ilmu geografi lahir sebagai disiplin ilmu yang bersifat akademis. Sebagai karalteristik metode ini adalah member penjelasan baik yang bersifat alamiah maupn insaniah dengan mengungkap karakteristik, eksploratif, hubungan fungsional dan dampak dari suatu fenomena ataupun oeristiwa. Tujuan dari metode ini adalah mendeskripsikan peristiwa atau kejadian yang ada pada masa sekarang. Dalam metode ini terbagi bagi lagi menjadi nebjadi studi kasus, survey dan studi pengembangan. Salah satu penting tentang metode deskriptif ini bahwa pada masa berkembangnya metode deskriptif kartografi sangat dominan.


Metode Penelitian Geografi


1) Metode studi kasus
Metode penelitian yang digunakan untuk karakteristik tertentu, individu maupun kelompok degan mengungkap kasus-kasus spesifik yang mencakup pengkajian relasi dan interelasi terhadap individu lain secara mendalam, biasanya dilakukan secara longitudinal (Bailey, 1982:486).
2) Metode Survei
Metode penelitian dengan teknik pengumpulan data, seperti wawancara maupun kuesioner (angket) dengan jumlah sampel besar dan merupakan penelitian yang menggambarkan keadaan terkini untuk memahami opini, pendapat, maupun tanggapan public pada umumnya(Bailey, 1982:110).
3) Metode Studi Pengembangan
Metode penelitian yang dapat digunakan untuk mengembangkan suatu penelitian secara mendalan untuk memperoleh model, baik dalam tataran teoritis yang sebelumnya belum ada dan sudah ada.



Metode Eksperimen dan Korelasi
metode ini mulai dirasakan sejak geografi fisik dan manusia bergerak dari sifat-sifat deskriptif meniju analitis pada tahun 1950-an dan 1960-an.


Sebelumnya mengenai Pendekatan Geografi ini dapat menambah pengetahuan anda



Metode ex post Facto
Metode ini untuk melihat dan mengkaji hubungan antara dua variabel atau lebih, dimana dua variabel yang dikaji telah terjadi sebelumnya atau tidak diberi perlakuan khusus. ex post Facto artinya sesudah fakta karena dalam penelitian ini pene;iti tidak perlu melakukan manipulasi atau terhadap variabel bebas.




Sekian mengenai Metode Penelitian Geografi, semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Metode Penelitian Geografi"

Posting Komentar