Geografi Mutakhir Ortodoks dan Terintegrasi

Geografi Mutakhir Ortodoks dan Terintegrasi - Adalah mari kita bahas dengan materi ini:



Geografi Mutakhir
Adalah Untuk memastikan arah perkembangan konsep geografi masa kini atau geografi mutakihr adalah sesuatu hal yang tidak mudah. Seandainya dianggap bahwa konsep-konsep geografi terdahulu belum sempurna akankah bearti bahwa konse geografi baru akan sesuai untuk diterapkan pada berbagai lingkungan geografi yang beraneka ragam coraknya dan berbeda-beda tingkat perkembangan budaya, ekonomi dan penguasaan teknologinya.

Para ahli geografi Indonesia yang dalam kenyataanya dihadapkan pada kondisi lingkungan geografi yang beranekan ragam seharusnya mempunyai sifat yang dinamik didalam menghadapi berbagai konsep geografi dan jangan terlalu mudah mengaitkan diri pada berbagai mazhab atau konsep yang diterima ditempat lain diluar Indonesia. Kita harus harus pandai memilih maa yang sesuai dengan pemecahan masalah kita. Kait mengaitnya suatu disiplin dengan disiplin yang lain serta kait mengaitnya masalah satu dengan masalah yang lain mengharuskan geografi mutakhir tidak boleh memisahkan diri dengan dari disiplin yang lain.


Geografi Mutakhir Ortodoks dan Terintegrasi



Seperti juga terjadi pada displin yang lain, geografi mutakhir telah enggunkan statistic dan metode uantitatif dalam penelitianya bahkan telah pula digunakan computer untuk menyimpan, mengolah dan menganalisa data. Suatu masalah besar telah timbul dalam geografi yaitu apakah aspek fisikal dan social harus disatukan dalam geografi. Dari tulisan-tulisan geografi selama 30 tahun terakhir ini konsep penyatuan atau unifying concept belum tampak meskipun analisa yang digunakan dalam geografi telah berkembang pesat.

Wrigley berpendapat bahwa geografi tidak boleh membatasi diri dalam menggunakan analisa untuk penelitiannya. Analisa apapun dapat digunakan asalkan dapat meyelesaikan masalah yang dihadapi. Selain dari itu Wrigley berpendapat bahwa geografi adalah suatudisiplin yang berorientasikan kepada masalah‘ (problem-oriented) dalam rangka interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Apabila geografi dianggap sebagai suatu kajian tentang wilayah maka geografi mutakhir pada sebagian besar bersifat wilaya. Metode wilayah masih merupakan alat yang penting bagi geografi mutakhir . Perbedaannya ialah bahwa wilayah bukan merupakan akhir dari geografi tetapi geografi mutakhir bersifat wilayah namun bukan tentang wilayah.




Geografi Ortodoks dan Geografi Terintegrasi
Definisi geografi berubah-ubah sesuai dengan perkembangannya. Tidak satu pun dari definisi-definisi geografi yang ada memuaskan ahli geografi, tetapi semua ahli geografi akan mengakui adanya elemen yang sama dalam geografi. Apakah sebenarnya yang merupakan elemen yang sama dalam geografi? 

Pertama, ahli-ahli geografi sependapatbahwa mereka termasuk kelompok yang serupa dengan ahli-ahlidari ilmu pengetahuan bumi (Earth Sciences) lainnya dengan arena yang sama yaitu permukaan bumi dan bukan ruang yang abstrak.


Sebelumnya mengenai Pandangan Geografi Modern ini dapat menambah pengetahuan anda


Kedua, ahli-ahli geografi memperhatikan kepada penyebaran manusia dalam ruang dan kaitan manusia dengan lingkungannya. Ahli-ahli geografi memperhatikan kepada penyebaran manusia dalam mencari cara bagaimana ruang dan sumberdaya dapat dimanfaatkan dan menekannkan kepada pengelolaan wilayah yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Ketiga, dalam geografi terdapat unsur-unsur utama seperti unsur jarak, unsur interaksi, unsur gerakan dan unsur penyebaran.


Inilah materi mengenai Geografi Mutakhir, semoga ini dapat membantu memecahkan masalah kalian semua.

0 Response to "Geografi Mutakhir Ortodoks dan Terintegrasi"

Posting Komentar