Suhu Tekanan dan Kelembapan Udara

Suhu Tekanan dan Kelembapan Udara - Adalah mari kita bahas dengan materi dibawah ini:


Suhu Udara
Suhu udara adalah suatu kondisi atau keadaan panas atau dinginnya udara di permukaan bumi. Suhu pada suatu tempat di permukaan bumi akan bergantung pada faktor-faktor berikut ini.
1) Intensitas dan durasi harian dari energi radiasi matahari yang diterima suatu daerah.
2) Sifat-sifat fisik permukaan daerah dan daerah sekitarnya, seperti daratan atau perairan.
3) Pelenyapan energi radiasi matahari di atmosfer karena pemantulan (refleksi), pemencaran atau pembauran (scatering), dan penyerapan (absorpsi).
4) Sudut datang dan lama penyinaran matahari.
5) Pertukaran panas yang terjadi pada proses penguapan (evaporasi), pengembunan (kondensasi), pembekuan (freezing), dan pencairan (melting) air.
6) Suhu akan berkurang rata-rata 0,6º C setiap kenaikan ketinggian 100 meter di atas permukaan laut.

Alat yang digunakan untuk mengukur suhu udara adalah termometer. Pengukuran suhu udara biasanya dinyatakan dalam skala Celsius (C), Reamur (R), dan Fahrenheit (F). Suhu udara tertinggi di permukaan bumi terdapat di daerah tropis (sekitar ekuator). Semakin mendekati daerah kutub, suhu udara semakin dingin.
Garis di peta yang menghubungkan daerah-daerah yang suhu udaranya sama dinamakan Isotherm.

Suhu Tekanan dan Kelembapan Udara


(1) Matahari
(2) 3% diserap ozon
(3) 25% dipantulkan awan
(4) 19% diserap debu dan awan
(5) 18% dipantulkan dari permukaan bumi
(6) 45% diserap bumi




Tekanan Udara
Tekanan udara adalah gaya atau tekanan yang terjadi akibat berat atau massa dari udara. Para ahli fisika telah menghitung bahwa berat 1 m³ udara sama dengan 1.300 gram. Berat atmosfer seluruhnya sekitar 5.200.000.000.000.000 metrik ton. Hal ini berarti bahwa berat udara di permukaan bumi menyebabkan tekanan sebesar 1 kg per 1 cm².
Tekanan udara mengalami penurunan sesuai dengan ketinggian tempat di permukaan bumi. Hal tersebut di sebabkan oleh adanya molekul-molekul udara yang menjadi lebih sedikit pada daerah yang semakin tinggi dari permukaan laut sehingga menyebabkan tekanan udara berkurang. Alat yang dapat digunakan untuk mengukur tekanan udara adalah barometer.
Untuk mengetahui persebaran tekanan udara di permukaan bumi, dibuat garis-garis di peta yang disebut Isobar. Dengan mempelajari susunan isobar, orang dapat menentukan daerah-daerah dengan tekanan udara tinggi dan tekanan udara rendah.


Sebelumnya mengenai Pengertian Macan dan Jenis Angin ini dapat menambah pengetahuan anda




Kelembapan Udara
Kelembapan udara adalah kandungan uap air yang ada dalam udara. Uap air yang ada dalam udara tersebut berasal dari hasil penguapan air atau air yang ada pada tumbuh-tumbuhan. Alat yang dapat digunakan untuk mengukur kelembapan udara adalah Higrometer.
Kelembapan udara yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari ada dua macam, yaitu kelembapan mutlak dan kelembapan nisbi.
1) Kelembapan Mutlak adalah angka atau bilangan yang menunjukkan berat uap air dalam satuan gram yang ada di dalam 1 m³ udara.
2) Kelembapan Nisbi adalah angka dalam hitungan persen (%) yang menunjukkan perbandingan uap air dalam udara dan jumlah uap air maksimum di udara pada suhu yang sama.

Suhu Tekanan dan Kelembapan Udara 2



0 Response to "Suhu Tekanan dan Kelembapan Udara"

Posting Komentar