Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta Wilayah

Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta Wilayah - Adalah Memperbesar peta adalah suatu kegiatan mengubah ukuran peta menjadi lebih besar, sedangkan memperkecil peta adalah kegiatan mengubah ukuran peta menjadi lebih kecil. Dengan berubahnya ukuran peta, skala peta berubah. Perubahan ukuran skala peta berbanding lurus dengan perubahan ukuran peta. Artinya, semakin besar ukuran peta, semakin besar skalanya, sebaliknya semakin kecil ukuran peta, semakin kecil skalanya.

Misalnya, skala sebuah peta adalah 1:100.000. Jika petanya diperbesar 2 kali dari ukuran semula, skalanya menjadi 1:50.000. Jika skalanya diperkecil ½ dari ukuran semula, skalanya menjadi 1:200.000.

Ada beberapa cara untuk mengubah ukuran peta, di antaranya dengan fotokopi, pantograf, atau sistem grid. Adapun cara relatif mudah adalah dengan fotokopi.

Dengan menggunakan pantograf kita dapat meng ubah ukuran peta sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Pada dasarnya, kerja pantograf berdasarkan jajaran genjang. Tiga dari empat sisi jajaran genjang (a, b, c, dan d) memiliki skala 1:100. Skala pada ketiga sisi tersebut dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan, yaitu memperbesar atau memperkecil peta.

Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta Wilayah


Selain dengan pantograf, peta dapat diperbesar atau diperkecil secara sederhana dengan menggunakan sistem grid (garis-garis koordinat). Memperbesar peta dengan menggunakan sistem grid dapat dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut ini.
a. Ambillah sebuah peta yang berskala 1:20.000. Setelah itu, buatlah kotak-kotak pada peta tersebut, misalnya dengan ukuran 2 cm ??2 cm.
b. Jika kamu memperbesar peta tersebut menjadi berskala 1:10.000, buatlah kotak-kotak pada kertas kosong yang akan digambar dengan ukuran 4 cm ??4 cm.
c. Setelah kotak-kotak tersebut selesai dibuat, berilah angka urut, seperti 0,1,2,3, dan seterusnya serta huruf a, b, c, dan seterusnya. Kemudian, pindahkan bentuk peta pada setiap kotak di kertas yang akan digambar.


Sebelumnya mengenai Cara dan Langkah Membuat Peta Wilayah ini dapat menambah pengetahuan anda.


Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam mem perkecil peta dengan menggunakan sistem grid,antara lain sebagai berikut.
a. Ambillah sebuah peta yang berskala 1:25.000. Setelah itu, buatlah kotak-kotak pada peta tersebut, misalnya dengan ukuran 4 cm ??4 cm.
b. Jika kamu akan memperkecil peta menjadi berskala 1:50.000, buatlah kotak-kotak pada kertas kosong yang akan digambar dengan ukuran 2 cm ??2 cm.
c. Setelah kotak-kotak tersebut selesai dibuat, berilah angka urut 0,1,2,3, dan seterusnya serta huruf a, b, c, dan seterusnya. Kemudian, pindahkan bentuk peta pada setiap kotak di kertas yang akan digambar.

Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta Wilayah 2


Peta dapat diperbesar dan diperkecil sesuai dengan kebutuhan pengguna peta. Peta yang baik harus memberikan informasi yang benar sesuai dengan judul atau temanya. Peta yang diperbesar atau diperkecil tetap memiliki perbandingan ukuran jarak yang sesuai dengan kenyataan sebenarnya di permukaan bumi.


0 Response to "Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta Wilayah"

Posting Komentar