Batuan Penyusun Kerak Bumi

Batuan Penyusun Kerak Bumi - Adalah ayo sama sama belajar akan hal ini dengan materi dibawah ini:



Batuan-batuan penyusun kerak bumi yang terdapat di alam, antara lain sebagai berikut.
1. Batuan Beku (Igneous Rock)
Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari satu atau beberapa mineral yang terbentuk akibat pembekuan magma. Batuan beku terbagi menjadi batuan beku plutonik dan vulkanik. Batuan beku plutonik umumnya terbentuk dari pembekuan magma yang relatif lambat. Contoh batuan beku plutonik, yaitu gabro, diorite, dan granit. Batuan beku vulkanik terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi sangat cepat. Batuan beku dalam vulkanik contohnya adalah basalt dan andesit.


2. Batuan Sedimen (Sedimentary Rock)
Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk karena adanya proses pembatuan atau litifikasi dari hasil proses pelapukan dan erosi yang kemudian terbawa dan diendapkan. Batuan sedimen terbagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.
a) Batuan sedimen klastik adalah jenis batuan yang terbentuk di alam melalui proses pengendapan dari material-material yang bervariasi, mulai dari ukuran lempung sampai bongkah batuan. Contohnya batu konglomerat, batu pasir, dan batu lempung.
b) Batuan sedimen organik, terbentuk dari gabungan sisa-sisa makhluk hidup. Batuan ini biasanya menjadi batuan induk (source) dan penyimpan cadangan air (reservoir). Contohnya, yaitu batu gamping.
c) Batuan sedimen kimia terbentuk melalui proses pelarutan. Batuan tersebut biasanya menjadi pelindung (seal rock). Contohnya jenis batuan anhidrit dan batu garam.


Sebelumnya pembahasan mengenai Tenaga Alam Endogen dan Eksogen ini dapat menambah pengetahuan anda


3. Batuan Malihan (Metamorf)
Batuan metamorf adalah batuan yang terbentuk akibat adanya proses perubahan temperatur dan tekanan udara batuan yang telah ada sebelumnya. Contoh batuan metamorf adalah batu sabak (slate) yang merupakan perubahan dari batu gamping dan batu marmer.

Batuan Penyusun Kerak Bumi



0 Response to "Batuan Penyusun Kerak Bumi"

Posting Komentar