Letak Batas Luas Alam Iklim Kependudukan Benua Amerika

Letak Batas Luas Alam Iklim Kependudukan Benua Amerika – Adalah Amerika adalah benua baru yang diketemukan oleh pelaut Spanyol yang bernama Christoper Columbus pada tahun 1492. Nama Amerika berasal dari seorang penjelajah dunia yang berasal dari Italia, yaitu Amerigo Vespucci.

Letak, Batas dan Luas
1) Letak astronomis
Posisi Benua Amerika berada pada 83o07’LU – 56oLS dan 172o27’BB – 34o45’BB.
2) Batas
Posisi geografis BenuaAmerika memiliki batas-batas sebagai berikut:.
Sebelah utara : Samudra Arktik;
Sebelah timur : Samudra Samudra Atlantik;
Sebelah selatan : Samudra Samudra Pasifik danAtlantik (keduanya bertemu), dengan Kutub Selatan dipisahkan oleh Selat Drake.
Sebelah barat : Samudra Pasifik dan Selat Bering.
3) Luas
Wilayah Benua Amerika terdiri dari dua bagian, yaitu Amerika Utara dengan luas 24.386.000 km2 dan Amerika Selatan luasnya 17.834.000 km2. Antara keduanya dihubungkan oleh daratan sempit yang memanjang ke arah selatan dan bersama-sama dengan kepulauan di bagian timurnya yang disebut denganAmerika Tengah.

Letak Batas Luas Alam Iklim Kependudukan Benua Amerika


Luas benua Amerika seluruhnya kurang lebih 42.220.000 km2. Dibandingkan dengan benua lain luasnya nomor dua setelah benua Asia yang luasnya 44.518.000 km2.


Bentang Alam
1) Gunung dan Pegunungan
Pegunungan yang terdapat di Benua Amerika adalah sebagai berikut:
a) Di bagian barat Amerika terdapat pegunungan yang membujur di Pantai Barat Amerika yakni Pegunungan Rocky di Amerika Utara yang bagian puncaknya kebanyakan tertutup salju abadi, Pegunungan Sierra Nevada di Amerika Utara, Pegunungan Sierra Madre di Meksiko, dan Pegunungan Andes di Amerika Selatan.
b) Di bagian timur Amerika Utara terdapat pegunungan tua Appalachia. Pegunungan ini memanjang dari utara, mulai dari Teluk St Lawrence, menyusur tepi timur Sungai St Lawrence berlanjut ke arah barat daya sampai mencapai negara bagian Tennessee, Alabama, dan Georgia.
2) Dataran Tinggi
Wilayah di Benua Amerika yang berupa dataran tinggi adalah sebagai berikut:
a) Dataran Tinggi Colorado, Dataran Tinggi Colombia, Dataran Tinggi Labrador, dataran Tinggi NewEngland diAmerika Utara.
b) Dataran Tinggi Guyana, Dataran Tinggi Patagonia dan Dataran Tinggi Brazilia diAmerika Selatan.
3) Dataran Rendah
Wilayah Benua Amerika yang berupa dataran rendah meliputi:
a) Dataran rendah yang berada di daerah aliran-aliran sungai besar seperti Dataran Rendah Mississippi di Amerika Serikat, Dataran Rendah Amazon di Brazil, Dataran Rendah Sungai Orinoco, dan Dataran Rendah Parana di Amerika Selatan.
b) Dataran rendah yang berada di Semenanjung Yucatan
c) Dataran rendah yang terletak dekat danaudanau besar di perbatasan antara Kanada dengan Amerika Serikat.


Iklim
Amerika memiliki bentangan daratan yang sangat panjang dari wilayah Kutub Utara sampai hampir menyentuh Kutub Selatan. Oleh karena itu iklim di benuaAmerika sangat bervariasi sesuai kondisi fisik dan letak astronomisnya.


Kependudukan
Jumlah penduduk Benua Amerika pada pertengahan tahun 2006 ialah 896.400.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 22 jiwa/km2. Agama yang dianut penduduk Amerika beraneka ragam. Agama Katholik Roma banyak di negara-negaraAmerika Latin .Agama Kristen Protestan dianut sebagian penduduk Amerika Serikat dan Kanada. Di samping itu terdapat penganut Islam, Hindu, Budha, Khonghucu, serta penganut kepercayaan setempat.

Bahasa yang dipergunakan pendudukAmerika juga beraneka ragam. Hal ini dipengaruhi oleh bangsa penjajahnya dahulu ketika benuaAmerika dikuasai oleh bangsa-bangsa dari negara Eropa. Bahasa Inggris dipakai oleh penduduk di kawasanAmerika Serikat, Bahama, Kanada, Guyana, Bahama, Barbados, Jamaika, Saint Lucia. Bahasa Spanyol banyak dipakai penduduk Amerika Selatan (kecuali di negara Brazil dan Suriname). Bahasa Belanda dipakai di negara Suriname, serta bahasa Portugal oleh penduduk Brazil.


Sekian mengenai Letak Batas Luas Alam Iklim Kependudukan Benua Amerika, semoga ini dapat membantu.

0 Response to "Letak Batas Luas Alam Iklim Kependudukan Benua Amerika"

Posting Komentar