Letak Batas Luas Iklim Alam dan Kependudukan Benua Asia

Letak Batas Luas Iklim Alam dan Kependudukan Benua Asia - Adalah mari langsung kita bahas dengan materi dibawah ini:


Letak, Batas dan Luas Benua Asia

1) Letak astronomis
Posisi astronomis Benua Asia adalah antara 26o BT – 170o BB dan 11o LS – 80o LU.
2) Batas
Posisi geografis Benua Asia memiliki batas-batas sebagai berikut:
Sebelah utara : Samudra Arktik;
Sebelah timur : Samudra Pasifik;
Sebelah selatan : Samudra Hindia dan Benua Australia;
Sebelah barat : PegununganUral, Sungai Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan LautMerah.
3) Luas
Luas benua Asia adalah 43.584.124 km2 sehingga merupakan benua terluas di dunia, seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa. Sebagian besar kawasan Benua Asia terletak di belahan bumi utara, sedangkan yang ada di belahan bumi selatan adalah beberapa pulau yang termasuk dalam wilayah Negara Indonesia.

Letak Batas Luas Iklim Alam dan Kependudukan Benua Asia



Bentang Alam Benua Asia

1) Gunung dan Pegunungan
Terdapat beberapa rangkaian pegunungan di Benua Asia, yaitu, di bagian timur terdapat rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik, meliputi Semenanjung Kamchatka, Jepang Filipina, dan Indonesia.
Di bagian Selatan terdapat rangkaian Pegunungan Mediterania, meliputi Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Elburz, Pegunungan Hindu Kush, Pegunungan Himalaya, dan PegununganArakanYoma diMyanmar menuju Indonesia. Di bagian tengah terdapat rangkaian Pegunungan Tien, Pegunungan Altai, Pegunungan Sayan, Pegunungan Yublonocy, menuju Pegunungan
Kolymkoye.
 Gunung Everest (8.848 m) yang berada di Pegunungan Himalaya merupakan puncak tertinggi di Asia.
2) Dataran Tinggi
WilayahAsia yang berupa dataran tinggi berada antara lain:
a) Dataran Tinggi Dekan di India.
b) DataranTinggiTibet diCina barat Daya, merupakan dataran tertinggi dan terluas di Asia. 
c) Dataran TinggiAnatolia di Turki
d) Dataran Tinggi yang berada di Asia Tenggara seperti Dataran Tinggi Bandung, DataranTinggiDieng, Dataran TinggiMalang, dan sebagaianya
3) Dataran Rendah
Wilayah Asia yang berupa dataran rendah berada di sepanjang aliranaliran sungai, antara lain di sepanjang Sungai Ob dan SungaiYenisey di wilayah Siberia; di sepanjang Sungai Huang Ho danYangtze Kiang di Cina bagian timur; di sepanjang Sungai Indus, Gangga, dan Brahmaputra di India; di Semenanjung Indochina, Semenanjung Malaka, dan Indonesia.
4) Gurun Pasir
Wilayah Asia yang terdapat gurun pasir berada di Asia Barat, Asia Selatan, Asia Tengah, danAsia Timur. Beberapa gurun pasir di Asia antara lain:
a) GurunAn Nafud dan Rub Alkhali di Arab Saudi
b) Gurun Thar di India
c) Gurun Taklamakan dan Gobi di Cina
d) Gurun Dast-e Kavir di Iran
5) Danau
Danau yang terdapat di Asia, antara lain Danau Aral, Danau Balkash, dan Danau Baikal, Danau Toba.
6) Sungai
Sungai-sungai panjang di Asia adalah Sungai Yangtze Kiang (5.520 km), Sungai Mekong (5.186 km), Sungai Huang Ho (4.672 km), Sungai Amur (4.509 km), Sungai Lena (4.270 km), Sungai Yenisey (4.129 km), Sungai Indus (3.186 km), dan Sungai Gangga (2.494 km).


Iklim Benua Asia

Keadaan iklim yang terdapat di BenuaAsia sangat beragam, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: wilayahnya sangat luas, topografi wilayah Asia sangat beragam, serta letak daratan Asia menghadap laut dan Samudra.

Berikut ini penggolongan iklim di Asia berdasarkan iklim matahari dan iklimfisis.
1) IklimMatahari
Penggolongan ini didasarkan atas banyak sedikitnya suatu tempat menerima sinar matahari. Hal ini berkaitan dengan letak lintang suatu tempat. Iklim di Asia dikelompokkan sebagai berikut:
a) Iklim tropis: berada di antara 11oLS – 23½oLUmeliputi negaranegara di Asia Tenggara, Sri Lanka, India bagian selatan, Bangladesh bagian selatan, Yaman, dan Oman.
b) Iklim subtropis: berada di antara 23½oLU – 40oLU meliputi Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Cina, Nepal, Bhutan, India bagian utara, Pakistan, Afghanistan, Iran, Irak, Suriah, Yordania, danArab Saudi.
c) Iklim sedang: berada di antara 40oLU – 66½oLU, meliputi Mongolia, Kazakhstan, dan wilayah Rusia.
d) Iklim dingin/kutub: berada di antara 66½oLU – 77oLU, meliputi wilayah Siberia (wilayah Rusia bagian utara).


Kependudukan Benua Asia

Jumlah penduduk Benua Asia pada pertengahan tahun 2006 ialah 3,968 miliar. Jumlah ini lebih dari 60%penduduk dunia. Secara garis besar, penduduk Asia terdiri atas tiga ras, yaitu ras Mongoloid menempati kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara; ras Kaukasoidmenempati kawasanAsia Barat, dan ras Negroidmenempati kawasan India Selatan dan Sri Lanka (bangsa Dravida).

Agama yang dianut penduduk Asia beraneka ragam. Agama Islam banyak dianut di negaraAsia Barat, Indonesia, Malaysia, Pakistan, dan Bangladesh. Agama Hindu banyak dianut di India dan Nepal. Agama Budha dianut di bagian timur India dan Thailand. Penganut agama Kristen terutama di Cyprus, Lebanon, dan Filipina.AjaranKong Hu Cu di Cina dan Shinto di Jepang. 


Sekian mengenai Letak Batas Luas Iklim Alam dan Kependudukan Benua Asia, semoga ini dapat berguna. terimakasih

0 Response to "Letak Batas Luas Iklim Alam dan Kependudukan Benua Asia"

Posting Komentar