Letak Batas Luas Keadaan Alam Iklim Negara Jepang

Letak Batas Luas Keadaan Alam Iklim Negara Jepang – Adalah Jepang merupakan sebuah negara di Asia Timur yang terletak di suatu rantai kepulauan benua Asia di ujung barat Samudra Pasifik. Letaknya yang paling timur menyebabkan negara ini mendapat penyebutan Negeri Matahari Terbit. Negara Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia.




Letak, Batas dan Luas Negara Jepang

1) Letak
Secara astronomis Jepang terletak pada 30oLU – 47oLU dan 128oBT – 146oBT.

Letak Batas Luas Keadaan Alam Iklim Negara Jepang


2) Batas
Negara Jepang terletak diAsia Timur dengan batas-batas sebagai berikut:
- sebelah utara :Pulau Sakhalin (milik Rusia) dan Laut Okhotsk.
- sebelah barat : Laut Jepang dan Selat Korea
- sebelah selatan : Laut Cina Timur
- sebelah timur : Samudra Pasifik
- sebelah timur laut: Jerman, Luxembourg, dan Belgia
3) Luas
Luaswilayah negara Jepang + 377.835 km2. Jepang merupakan negara kepulauan, yang terdiri atas ribuan pulau dan terdapat empat pulau besar, yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Pulau terbesar adalah Honshu yang luasnya 230.948 km2.




Keadaan Alam Negara Jepang

1) Relief
Wilayah Jepang sebagian besar bergunung-gunung yang merupakan bagian dari SirkumPasifik dan banyak terdapat gunung api. Puncak tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji atau Fujiyama atau Fujisanyang tingginya 3.776 m. Dataran rendah di Jepang sangat sempit, yaitu sekitar 16%dari luas daratan. Daratan rendah tersebut terdapat di sepanjang pantai. Dataran rendah yang agak luas terdapat di daerahKwanto, Kinki, dan Nobi. Pantai Jepang memiliki banyak teluk sehingga sesuai untuk pelabuhan.
2) Tanah
Bermacam-macam jenis tanah terdapat di Jepang, antara lain tanah aluvial, tanah litosol, tanah podzolit, tanah vulkanis. Di daerah dataran rendah dan sempit yang tersebar di seluruh negara Jepang terdapat tanah aluvial yang subur. Penduduk Jepang memanfaatkan jenis tanah ini untuk kegiatan pertanian.
3) Laut
Jepang memiliki wilayah perairan di bagian barat kepulauan Jepang yaitu Laut Jepang dan selat-selat yang memisahkan antara pulau-pulau utama Jepang serta pantai yang berteluk-teluk.Wilayah peraian ini dimanfaat untuk kegiatan perikanan masyarakat Jepang.
4) Hutan
Secara garis besar di Jepang terdapat beberapa jenis hutan yaitu:
a) Hutan subtropis, merupakan hutan yang terdiri dari tumbuhtumbuhan berdauan lebar dan lebat. Hutan ini terdapat di Jepang bagian selatan di daerah yang terletak pada 30º - 40º LU.
b) Hutan campuran, merupakan hutan yang terdiri dari tumbuhan berdaun lebar dan tumbuhan berdaun jarum. Wilayah hutan ini terdapat di Pulau Honshu bagian utara dan Pulau Hokaido bagian barat daya.
c) Hutan boreal, merupakan hutan yang terdiri dari tumbuhan berdaun jarum. Hutan ini terdapat di PulauHokaido bagian utara.
d) Hutan artik, merupakan hutan dengan jenis tumbuhan kutub. Terdapat di Pulau Hokaido bagian tengah yang berketinggian di atas 2000 m.
5) Sungai
Sungai-sungai di Jepang pendek-pendek, dangkal, dan alirannya deras, serta banyak riam-riam dan air terjun sehingga tidak cocok untuk lalu lintas air, tetapi sangat baik untuk pembangkit listrik (PLTA) yang sering disebut sebagai batu bara putih.




Iklim Negara Jepang

Iklim di Jepang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu sebagai berikut.
1) Letak lintangnya yang berada di antara 30oLU – 47oLU sehingga beriklimsubtropis dan sedang.
2) Bentuk kepulauannya yang dikelilingi oleh laut dan Samudra Pasifik yang mengalir dua arus laut, yaitu arus dingin (Oyasyiwo) dan arus panas (Kurosyiwo).
3) Angin muson yang bertiup melalui kepulauan tersebut.

Dari faktor tersebut, Jepangmemiliki iklimmuson laut sedang. Jepang memiliki empatmusim, yaitu panas, gugur, dingin, dan semi. IklimJepang di sebelah selatan berbeda dengan di bagian Utara. Makin ke utara suhu makin dingin dan curah hujan makin sedikit. Di sepanjang Laut Jepang dipengaruhi oleh udara yang sangat dingin yang berasal dari Siberia.

Daerah Takada memperoleh hujan salju terbanyak. Pada bulanDesember – Januari terjadimusimdingin di bagian selatan, sedangkan di bagian utara tertutup salju. Pada bulan Juni – Juli saat musimpanas bertiup anginmuson tenggara sehingga Jepang bagian utara terasa sejuk, sedangkan bagian selatan panas.

Jepang sering dilanda angin taifun yang terjadi pada bulan September. Angin tersebut bertiup dari Samudra Pasifik melintasi bagian tenggara Pulau Honshu, Syikoku, dan Kyushu disertai gelombang pasang atau tsunami.

Di pantai Pasifik Jepang udaranya hangat karena dipengaruhi oleh arus laut, yaitu arus panas (kurosyiwo) yang mengalir dari selatan dan arus dingin (oyasyiwo) yang mengalir dari utara. Di daerah tersebut banyak terdapat ikan.



Sekian mengenai Letak Batas Luas Keadaan Alam Iklim Jepang, semoga bermanfaat

0 Response to "Letak Batas Luas Keadaan Alam Iklim Negara Jepang"

Posting Komentar