Potensi Mineral di Amerika Utara

Potensi Mineral di Amerika Utara - Sumber mineral yang tersedia melimpah dan tersebar hamper merata di seluruh kawasan di Amerika utara, merupakan factor geografis yang sangat berpengaruh bagi perkembangan Amerika Serikat maupun Kanada. Kedua negara ini memiliki deposit minyak dan gas bumi serta batu bara yang sangat kaya. Gas alam terdapat di Texas, Lousiana, dan Alberta. Amerika Serikat memiliki lebih banyak gas alam dibandingkan kawasan Kanada.

Gas alam tersebar luas di kawasan ini, demikian pula minyak bumi, lebih dari setengahnya energi yang digunakan berasal dari minyak bumi. Amerika Serikat memiliki sekitar 7% dari seluruh persediaan minyak bumi dunia, sedangkan Kanada hanya 2 % saja. Sampai tahun 1970-an, Amerika Serikat menjadi penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Jika eksploitasi terus-menerus dilakukan dan tidak dicari sumber-sumber baru, persediaan minyak bumi cukup untuk beberapa tahun. Oleh karena itu, kebutuhan minyak bumi bagi AS dan Kanada saat ini bergantung kepada impor Negara lain. Amerika Serikat dan Kanada masih memiliki persediaan besar, hanya eksplorasinya membutuhkan biaya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan membeli minyak dari negara lain.

Sumber mineral lainnya adalah mineral metalik. Amerika Serikat dan Kanada juga memiliki persediaan mineral metalik utama yaitu biji besi. Deposit biji besi terdapat di sekitar danau-danau besar (Great Lakes) dan di wilayah Quebec-Labrador Kanada.

Potensi Mineral di Amerika Utara


Amerika Serikat memproduksi lebih banyak besi baja daripada bijih besi. Oleh karena itu, bijih besi banyak yang diimpor, terutama dari Kanada dan sisanya dari Venezuela dan Afrika Barat. Mineral metalik lainnya yang terdapat di kedua negara ini adalah tembaga, timah hitam, seng, nikel, emas, dan perak. Timah putih dan bauksit tidak ada sehingga AS mengimpor 97% dari kebutuhan bauksitnya (bijih bahan aluminium). Kedua negara ini merupakan produsen mineral nonmetalik terutama sulfur, fosfat, dan potasium (bahan dasar pembuatan pupuk) serta keduanya merupakan produsen penting uranium, dan Kanada merupakan produsen tunggal terbesar pada 1985 di dunia.

Potensi Mineral di Amerika Utara 1




Sekian materi mengenai Potensi Mineral di Amerika Utara, semoga ini dapat bermanfaat bagi semua.

0 Response to "Potensi Mineral di Amerika Utara"

Posting Komentar